PELATIHAN STRATEGI KOPING FOKUS EMOSI UPAYA MEREDUKSI KECENDERUNGAN IMPULSIF BUYING (ONLINE SHOPING) PADA WANITA DEWASA AWAL

Rauhul Khotimah

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Kuasi eksperimen dilakukan untuk melihat pengaruh pelatihan strategi koping fokus emosi untuk mereduksi impulsive buying pada dewasa awal. Desain penelitian ini adalah one group pre-post test experimental design. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 10 orang. Hasil uji beda yang diperoleh menunjukkan signifikansi p= 0,318 (p > 0,05) yang berarti tidak ada perbedaan  yang signifikan setelah dilakukan pelatihan. Beberapa faktor yang mempengaruhi tidak berhasilnya pelatihan strategi koping fokus emosi dalam mereduksi impulsive buying pada wanita dewasa adalah model pelatihan yang digunakan, kondisi psikologis peneliti dan partisipan dan durasi waktu pelatihan.

Kata Kunci: Strategi, Koping, Impulsif Buying, Online Shop, Psikologi

 

Abstract

This research was conducted using a quasi-experimental method. A quasi-experiment was conducted to see the effect of emotional focus coping strategy training on reducing impulsive buying in early adulthood. The research design was a one group pre-post test experimental design. The number of participants who attended the training were 10 people. The different test results obtained showed a significance of p = 0.318 (p > 0.05), which means that there was no significant difference after training. Some of the factors that influence the unsuccessful training of emotional focused coping strategies in reducing impulsive buying in adult women are the training model used, the psychological conditions of the researchers and participants and the duration of the training.

Keywords: Strategy, Coping, Impulsive Buying, Online Shop, Psychology


 

References

Aliyati, Putri Dwi, dkk.(2020) Pengaruh Pelatihan Konsep Diri terhadap Kecenderungan Pembelian Impulsif pada Remaja Akhir di Kabupaten Tulungagung. Indonesian Psychological Research, Volume 02 No 02. Astrid Müller, dkk. Online shopping in treatment-seeking patients with buying-shopping disorder. Comprehensive Psychiatry 94 (2019) 152120 Journal homepage: www.elsevier.com/locate/comppsych Darmawan, Daddy, dkk. (2020) Pengatuh Pelatihan Keuangan, Organisasi, Dan Intensutas Belanja Online Terhadap Kemampuan Literasi Keuangan Masyarakat Milenial. Jurnal AKRAB! Volume XI Edisi 1. Djudiyah,.(2020) Approach coping dan belanja kompulsif pakaian dengan program studi sebagai variabel moderator. JIPT (Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan), Vol. 08 No. 02 Agustus. Djudiyah,. (2020). AVOIDANCE COPING, CONTINGENT SELF-ESTEEM DAN BELANJA KOMPULSIF. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol. 07, No.01. Eka Sari, dkk. (2020). Pelatihan Problem Focused Coping untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora.http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sosio Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 16(1), 82-91. DOI:10.25134/equi.v16i01. https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium Henrietta P, IMPULSIVE BUYING PADA DEWASA AWAL DI YOGYAKARTA. Lesmana, Teguh, dkk. (2020). Application of Cognitive Behavior Therapy in Coping with Compulsive Buying on Online Shopping by Young Adult Woman. Mahardhani, Octaffia, dkk. (2020). Pelatihan Strategi Koping Fokus Emosi untuk Menurunkan Stres Akademik pada Mahasiswa. GADJAH MADA JOURNAL OF PROFESSIONAL PSYCHOLOGY, VOLUME 6, NO. 1. DOI: 10.22146/gamajpp.55253 Marju Raudsepp, (2014). Compulsive buying in Estonia. ScienceDirect.(http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/3.0/) Mona Mrad, (2020). Comorbidity of compulsive buying and brand addiction: An examination oftwo types of addictive consumption. Journal of Business Research. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.09.023 Piarna, Rian. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Belanja Online Mahasiswa Politeknik Negeri Subang. Jurnal Ilmiah Ilmu dan Teknologi Rekayasa, Volume 3 Nomor 1. Rahmat, Pupu Saeful. (2019). Fenomena Cara Belanja Online Shop Di KalanganMahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi UNIKU). Sazali, H. & Rozi, F. (2020). Belanja Online dan Jebakan Budaya Hidup Digital padaMasyarakatMilenial. Jurnal Simbolika: Research And Learning In Communication Study. 6 (2): 85-96. Sudarisman Hergita, 2019. Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Melalui Online Shop pada Mahasiswi. Acta Psychologia, Volume 1 Nomor 1, 2019, Halaman 53-61http://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia Sudarisman, Hergita Syi Vadila. (2019). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Melalui Online Shop pada Mahasiswi. Acta Psychologia. Volume 1 Nomor 1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.