KEEFEKTIFAN BUKU AJAR PENDAMPING BERBASIS KEARIFAN LOKAL BANGKALAN TEMA 7 UNTUK KELAS 4 SDN DEMANGAN 1 BANGKALAN

Atika Maulidina Hs, Agung Setyawan

Abstract

Salah satu syarat produk pendidikan dikatakan layak dan dapat digunakan di dalam kelas adalah jika produk tersebut dinilai efektif berdasarkan validasi khalayak. Menemukan skor efektivitas penting untuk mengetahui seberapa efektif produk dalam mencapai tujuan pembelajaran. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan prosedural dengan desain 10 langkah dari Borg and Gall. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan produk buku ajar pendamping berbasis kearifan lokal Bangkalan bertema keindahan keberagaman di negeriku. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa sebanyak 100% siswa selesai belajar setelah menggunakan produk buku ajar pendamping yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa keefektifan produk berada pada kriteria efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Hasil ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dan peneliti lain untuk melakukan inovasi pengembangan buku ajar pendamping pada mata pelajaran lain.

Keywords

Keefektifan, Hasil Belajar Kognitif, Buku Ajar Pendamping

References

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anwar, M. F., Ruminiati , & Suharjo. (2017, Oktober). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Sumenep Kelas IV Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Jurnal Pendidikan; Teori, Penelitian, dan Pengembangan , 2(10), 1291-1297. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Arum, T. S., & Wahyudi. (2016, September ). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik untuk Kelas 5 SD . Jurnal Scholaria , 6(3), 239-250.

Chusna, L. N., Ekowati , D. W., & Kuncahyono. (2019, Juni 25). Modul Pendamping Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Blitar di Kelas IV SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 81-92. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Mufaridah, Santoso, J. T., & Madjdi, A. H. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas V SD Berbasis Kearifan Lokal untuk Pengenalan Budaya Sedan Rembang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 500-505.

Nilasari, E. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 7(1), 1399-1404.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika . Jurnal Kreano , 3(1), 59-72.

Siswanto, R. D., & Ninawati, M. (2021 , Februari ). Keefektifan Buku Teks Tematik Berbasis Kearifan Lokal Terhaddap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan , 11(1), 36-41. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend

Suastra , I., Jatmiko, B., Ristiati, N., & Yasmini, L. (2017). Pengembangan Karakter Berdasarkan Kebijaksanaan Lokal Bali dalam Pengajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 306-312. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. (Sutopo, Ed.) Bandung: Alfabeta .

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu . Jakarta : PT Bumi Aksara.

Utari, U., Degeng , N. S., & Akbar, S. (2016, April ). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39-44.

Wafiqni , H., & Nurani, S. (2018, Desember ). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal . Al Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam , 10(2), 255-270.

Wagiran. (2012, Oktober). Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana. Jurnal Pendidikan Karakter , II(3), 329-340.

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan (I ed.). (D. Ilham, Ed.) Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016, Mei). IbM Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi, 13(3), 39-4.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.