TINJAUAN SOSIOLOGIS TREND BERSEPEDA DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA

Sri Darsini

Abstract

Di Indonesia pandemi di manfaatkan dengan bersepeda dengan tujuan awal agar sehat dan imunitas meningkat. Akan tetapi lambat laun tujuan ini tidak sesuai lagi. Bersepeda menjadi suatu trend dari berbagai kalangan dengan berbagai motif yang melatarbelakanginya. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan tinjauan sosiologis terhadap Trend Bersepeda Di Tengah Pandemi Virus Corona. Teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi kemudian dianalisis dengan perspektif teori Jean Paul Baudrillard tentang Nilai Tanda yang mana untuk tempat penelitian di fokuskan di Desa Karangtengah, Weru, Sukoharjo.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan awal dari olahraga bersepeda di tengah pandemi virus corona adalah masyarakat menginginkan agar badannya sehat jauh dari paparan virus corona. Setelah di kaji secara sosiologis dengan menggunakan perspektif teori Jean Paul Baudrillard hasil penelitian menunjukkan bahwa bersepeda bukan lagi bertujuan agar badan sehat akan tetapi bersepeda menjadi trend di kalangan masyarakat untuk menunjukkan status sosialnya. Masyarakat dari kalangan atas akan membeli sepeda dengan harga puluhan hingga ratusan juta. Sedangkan masyarakat menengah kebawah akan membeli sepeda sesuai dengan keuangannya. Hal ini yang peneliti dapatkan selama di lapangan bahwa dari sepeda yang dimiliki masing-masing pesepeda menunjukkan seberapa besar mereka memiliki uang. Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa tujuan seseorang olahraga bersepeda bukan lagi karena menginginkan badannya sehat, akan tetapi lebih kepada agar menunjukkan status sosial ekonomi mereka.

Keywords

Pandemi, Trend Bersepeda, Status Sosial

References

https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/09/061000865/benarkah-virus-corona-penyebab-covid-19-berasal-dari-pasar-wuhan?page=all.

Napis, H. Vilay 2014. Budaya Bersepeda Sebagai gaya Hidup Masyarakat Kota. Karya Ilmiah Tidak Diterbitkan. Depok : Universitas Indonesia.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suyanto,B &Narwoko, D. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta : Prenada. Media, 2004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.