UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MATERI PERBEDAAN, KESETARAAN, DAN HARMONI SOSIAL MELALUI MEDIA APLIKASI KAHOOT BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 SEMESTER I SMA ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Ria Yuliani

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya peningkatan hasil belajar sosiologi materi perbedaan, kesetaraan, dan harmoni sosial melalui media aplikasi Kahoot. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI IPS 2 yang berjumlah 27 peserta didik di SMA Islam Hidayatullah Semarang sejak bulan Oktober sampai bulan November 2020.

Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Berdasarkan siklus penelitian tindakan kelas (Arikunto, 2010:16) terdapat beberapa tindakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Berdasarkan hasil penelitian dari hasil belajar terjadi peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus 1 sebesar 0% (0 peserta didik) mencapai nilai di atas KKM 74 dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 20, siklus ke II sebesar 83% (23 peserta didik) mencapai nilai di atas KKM 74 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kahoot! dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Islam Hiayatullah Semarang.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Kahoot!, Penelitian Tindakan Kelas

References

Ardianto, Danar. 2018. Peningkatan Keaktifan dan Prestasi belajar Peserta Didik mata pelajaran Instalasi Sistem Operasi dengan Metode Peer Teaching pada Siswa X TKJ SMK N 4 Klaten. Yogyakarta: UNY

Karlina, Senyltiana. 2019. Penggunaan Aplikasi Smartphone Berbantu Game Kahoot untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada Konsep Jaringan Hewan di SMA Pasundan Banjaran. Universitas Pasundan

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putri, Bella Ramadhanty. 2019. Penggunaan Media Kahoot untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Edukasi IPS Vol.3 No. 2. Jakarta

Putri, Aprilia Riyana. 2019. Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital ame Based Learning dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Muria Kudus

Stige, Signe Hjelen. 2016. Article:«Kahoot!» as a tool for adjusting teaching to match students’ knowledge level and promoting active learning in a lecture setting, Bergen: Department of Clinical Psychology, University of Bergen.

Windasari, Ririn. 2019. Peningkatan Hasil Belajar MatematikaDan Keaktifan Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 8 Salatiga Materi Penyajian Data Melalui Metode RME. IAIN Salatiga

Refbacks

  • There are currently no refbacks.