PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN GAMBAR KARTUN MELALUI WHATSAPP DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MATERI MASALAH SOSIAL
Abstract
Minat dan kedisiplinan peserta didik yang kurang dibuktikan dengan presensi yang sering terlambat dan tidak mengikut pembelajaran serta kurang menanggapi tugas yang diberikan guru. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi materi masalah sosial melalui gambar kartun. Subyek penelitian pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Watumalang Tahun Pelajaran 2020/2021. Siklus 1 dilaksanakan 2 pertemuan, sedangkan siklus 2 dilaksanakan 1 pertemuan dengan disertasi evaluasi di setiap pertemuan. Adanya penelitian tindakan kelas ini. Terjadi peningkatan hasil pembelajaran. Pada Pra siklus mayoritas siswa mendapatkan nilai rata-rata pengetahuan 50,8. Siklus I rata-rata pengetahuan 78,4 dan Siklus II rata-rata pengetahuan 84, 68 .
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Basuki, H., Siti, R,. & Moharromiyati. 2009. Sosiologi. Surakarta : FKIP UNS Surakarta
Bambang, Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan : GP Press Group
Martinis, Yamin. 2013. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Referensi
Muhammad, T. & Arif, M. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Remaja Rosdakarya
J Jefri, J Junaidi - Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Bukittinggi 2019.Jurnal Perspektif, 2019 - perspektif.ppj.unp.ac.id
S Suardi - Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Pokok Bahasan Interaksi Sosial Melalui Metode Diskusi pada Siswa Kelas X MA. Muhammadiyah Panaikang.JED (Journal of Etika Demokrasi), 2017 - journal.unismuh.ac.id
D Watri - Penggunaan Vcd Dalam Pembelajaran Sosiologi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 2020 - i-rpp.com
Refbacks
- There are currently no refbacks.