PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI (LINTAS MINAT) MATERI INTERAKSI SOSIAL BAGI PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 4 SMA N 1 BAWANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Siska Laelatul Barokah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar sosiologi materi interaksi social kelas X MIPA 4 SMA N 1 Bawang dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbatuan media quiziz. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan whatsaap,google meet, dan quiziz sebagai media evaluasi. Dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan di awali terlebih dahulu dengan siklus pra Tindakan.. Subyek penelitian berjumlah 30 siswa, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis kuantitatif untuk membandingkan peningkatan hasil belajar peserta didik. Sedangkan kualitatif dilakukan dengan cara membandingkan proses belajar yang dilakukan guru dan peserta didik saat menggunakan model PBL.  Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui, observasi, angket, dan tes. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 dan 2 menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan, pada siklus 1 presentase yang tuntas 90% tidak tuntas 10% sedangkan pada siklus 2 terdapat 100% tuntas 0 % tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan peningkatkan presentase hasil belajar siswa pada pembelajaran sosiologi dengan model pembelajaran Problem Based learning  (PBL) berbantuan media quiziz.

 

Keywords: (Hasil belajar, Problem based learning, Quiziz)

 


Keywords


(Hasil belajar, Problem based learning, Quiziz)

rticle

References


Anni, C. T. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press. Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S., Suhardjono, Supardi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S. B., Aswan Z. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud. 2015. Panduan Penilaian untuk SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.

Siwa, IB dkk. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa”. e-Jurnal program Pascasarjana Undiksha. Volume 3. http://pasca.undiksha.ac.id/e- journal/index.php/jurnal ipa/article/viewFile/794/579

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. 2005. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV ALFABETA.

Susongko, P. 2013. Penilaian Hasil Belajar. Tegal: Badan Penerbitan Universitas Pancasakti

Syah, M. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Usman, M. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Widodo, Ari. 2006. Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal. Buletin Puspendik 3(2). 18-29.




DOI: https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar