PEMANFAATAN MEDIA DATA STATISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS MATERI KETIMPANGAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XII IPS 2 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Yunika Susila Kurnianingsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media data statistik untuk meningkatkan kemampuan menganalisis materi ketimpangan sosial pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Randublatung, Kab. Blora, Jawa Tengah, pada semester 1 tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan tes. Dari hasil sebelum dilakukan siklus melalui tes indikator kemampuan menganalisis peserta didik menunjukkan ketuntasan sebesar 66,6%. Kemudian meningkat pada siklus 1 sampai siklus 2 yaitu siklus 1 sebesar 72% dan siklus 2 sebesar 89%. Kesimpulan dari penelitian ini melalui pemanfaatan media data statistik dapat meningkatkan kemampuan menganalisis materi ketimpangan sosial pada peserta didik kelas XII IPS 2 di SMA Negeri 1 Randublatung semester 1 tahun pelajaran 2020/2021.

Keywords

Data Statistik, Kemampuan Menganalisis, Ketimpangan Sosial.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Penelitian Tindakan : Action Research. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SMA.

Mulyadi, Yad, dkk. 2015. Sosiologi Untuk SMA /MA Kelas XII. Jakarta: Penerbit Yudhistira.

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Oktaviano, Dwi Angga. 2019. Penggunaan Google Earth Melalui Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Bentang Alam. SMK Negeri 1 Binuang.

Rahmawati, Dita Arsita. 2015. Peningkatan Kemampuan Analisis Peserta didik Melalui Media Komik Dalam Pembelajaran IPS: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII-G SMP Pasundan 4 Kota Bandung. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudijono, Ahmad. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.