UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM

Retno Puji Purwati

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dengan pendekatan discovery learning menggunakan google classroom. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kroya. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase dari keaktifan belajar peserta didik hingga mencapai indicator keberhasilan yang telah ditentukan sebelumnya yaitu sebesar 70%.


Keywords


Keaktifan belajar, discovery learning, google classroom

rticle

References


A.M. Sardiman (2011). InteraksidanMotifasiBelajar. Jakarta: PT RajagrafindoPersada.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Saefuddin, A. & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.