UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI PERMASALAHAN SOSIAL YANG DISEBABKAN OLEH PERUBAHAN SOSIAL DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI APLIKASI LMS “SMABA-EL” DI KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 1 BANDONGAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Feryda Indriyanti Putri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran daring dengan penerapan model Problem Based Learning melalui aplikasi LMS “SMABA-EL”. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian peserta didik kelas XII IPS 1 di SMA Negeri 1 Bandongan Kabupaten Magelang semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 26 peserta didik, terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, tes, observasi, dokumen dan dokumentasi. Dari hasil penelitian pada pra siklus menggunakan tes kognitif, menunjukkan sebanyak 10 peserta didik (38,46 %) yang hasil belajarnya mengalami ketuntasan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 67 dan nilai rata-rata kelas sebesar 60,38. Kemudian meningkat pada siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I sebesar 57,69% peserta didik yang mengalami ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 68,27 dan siklus II sebesar 80,77% peserta didik yang mengalami ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 79,81. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan model Problem Based Learning melalui aplikasi LMS “SMABA-EL” dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran daring mata pelajaran Sosiologi materi permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Bandongan Tahun Pelajaran 2020/2021.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, LMS “SMABA-EL”

Keywords

Hasil Belajar, Problem Based Learning, LMS “SMABA-EL”

References

Abdullah, A.G dan Ridwan, T. (2008). Implementasi PBL dalam Proses Pembelajaran di BPTP Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan. 5, (13), 1-10.

Amir, Taufik. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.

Anwar, K. & Harmi, H. (2011). Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, & Supardi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bambang, Warsita. (2008). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi. (2008). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Buchori dan Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hamalik, O. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryono, B., Rochani, S., & Maharromiyati. (2009). Sosiologi. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Kemdikbud No 4 Tahun 2020 mengenai Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

M. Romli, Asep Syamsul. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Nyoman K, Ratna. (2010). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, M. N. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosyidi, A. & Marjono. (2008). Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar IPA Melalui Alternatif Model Pembelajaran. Paedagogia: Jurnal Penelitian Pendidikan, 11 (2) 91 – 176.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Santana, Septiawan. (2005). Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunarto, K. (2000). Pengantar Sosiologi Edisi Revisi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suyadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Tim Redaksi. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.