PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES ONLINE SHOP DI MEDIA SOSIAL DAN INTENSITAS MENGGUNAKAN PELAYANAN TRANSPORTASI ONLINE GO-JEK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT DI KOTA SURAKARTA
Abstract
Abstrak
Kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat memberikan pengaruh yang besar pada beberapa aspek kehidupan manusia. Salah satu kemajuan teknologi informasi yang memberikan kontribusi besar terhadap perubahan kehidupan manusia adalah internet. Pertumbuhan teknologi dan internet juga diikuti dengan perkembangan jaringan bisnis yang disebut e-commerce atau toko online. Selain memberikan pengaruh pada sektor e-commerce, internet juga memberikan pengaruh terhadap bisnis jasa transportasi. Layanan transportasi berbasis aplikasi online juga memberikan pengaruh positif bagi masyarakat dalam segala aktivitas secara cepat dan efisien. Salah satu bisnis transportasi yang sedang populer adalah Go-jek. Perkembangan sektor online shop dan Go-jek menciptakan gaya hidup konsumtif di masyarakat. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif; sampel penelitian adalah pengguna online shop dan Go-jek di Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel intensitas mengakses online shop di media sosial mencapai thitung (3,632) > ttabel (1,65630) dan variabel intensitas yang menggunakan Go-jek sebagai layanan transportasi online mencapai thitung (3,502) > ttabel (1.65630). Oleh karena itu, variabel intensitas akses secara parsial berpengaruh terhadap variabel gaya hidup konsumtif dan variabel intensitas penggunaan go-jek sebagai layanan transportasi online secara parsial berpengaruh terhadap variabel gaya hidup konsumtif. Hasil uji coba F menunjukkan bahwa Fhitung (23,153) > Ftabel (3,06), sedangkan signifikansi 0,000 < alpha pada taraf signifikan 0,05 artinya variabel intensitas mengakses online shop di media sosial dan intensitas penggunaan go-jek sebagai layanan transportasi online secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel gaya hidup konsumtif.
Kata Kunci: Teknologi Informasi, Toko Online, Go-jek, Gaya Hidup Konsumtif.
Abstract
The fast advancement in information technology gives a big influence on some aspects of human life. One of the advancements in technological information which has a big contribution to the change of human life is internet. The growth of technology and internet is also followed by the development of business network called e-commerce or online shop. Besides giving effect to e-commerce sector, internet also gives an influence on the business of transportation service. Transportation service based on online application also gives positive influence to the society in all activities quickly and efficiently. One of the transportation businesses which are being popular is Go-jek. The development of online shop and Go-jek sector creates consumptive life style in society. This research belongs to descriptive quantitative; the research sample is online shop and Go-jek users in Surakarta. The result of the research shows that the intensity variable which accesses online shop in social media achieved thitung (3,632) > ttabel (1,65630) and the intensity variable that uses Go-jek as online transportation service achieved thitung (3,502) > ttabel (1,65630). Therefore, the access of intensity variable has partially effect to variable of consumptive lifestyle and variable of intensity in using go-jek as online transportation service has partially effect to consumptive lifestyle variable. The result of tryout F shows that Fhitung (23,153) > Ftabel (3,06), in other hand, the significance is 0,000 < alpha on significant level of 0,05, it means that the intensity variable of accessing online shop in media social and the intensity of using go-jek as online transportation service simultaneously influences to consumptive lifestyle variable significantly.
keywords: Information Technology, Online Shop, Go-jek, Consumptive Lifestyle.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
APJII. (2015). Peringkat Media Sosial diurutkan Berdasarkan Jumlah Pengguna. Tersedia pada : http://www.apjii.or.id . Diakses pada 8 Juni 2017
Alwi, Hasan, Dkk. (2001). KBBI. Jakarta: Balai Pustaka
Arikunto, Suharsimi. (1995). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar. (1998). Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Chaplin, J.P. (2011). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Farida, Ika dkk. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol.1, No.1, Juni P 2016 : 31-40 ISSN 2527 – 7502 Fakultas Ekonomi Universitas Islam Attahiriyah.
Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hurlock, E. B. (1994). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. edisi ke 5, Alih Bahasa: Wisana. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Judith, Christiany. (2011). Hubungan Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku Remaja di Kota Makassar. Jurnal Penelitian IPTEK-KOM. Hal 14. Vol 13, No. 1, Juni 2011
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. (2005). Departemen Pendidikan Nasional: Balai Pustaka.
Lina & Rosyid, H.F. (1997). Perilaku Konsumtif Berdasarkan Locus of Control Psikologi. Jurnal Psikologika, 4, 5-13.
Mujiyana, Ingge Elissa. (2013) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian via internet pada toko online. J@TI Undip, Vol VIII, No 3, September 2013.
Ritzer, George. (2013). Teori Sosiologi Dari Teori Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Bantul : Kreasi Wacana.
Santrock, J. W. (2003). Adolesence: Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tambunan, R. (2001). Remaja Dan Perilaku Konsumtif. Jakarta : Artikel
Thohiraoh, anisa qodaril. (2015). Perilaku Konsumtif Melalui Online Shopping Fashion pada Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadyah Surakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.