Penerapan Pendekatan Pembelajaran CREAT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas

Syamsu Ahmad Noor

Abstract

Desain pembelajaran yang belum optimal, serta keaktifan belajar peserta didik yang rendah, sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang belum memuaskan dalam pembelajaran ekonomi, maka disusunlah penelitian ini dengan judul Penerapan Pendekatan Pembelajaran Creat untuk meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar pada siswa Kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran Creat dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik  di SMA, serta untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran Creat dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.  Pendekatan penelitian yang digunakan adalah mixed method. Metodologi ini dianggap tepat karena digunakan untuk mengetahui tepat atau tidaknya desain pembelajaran yang telah diterapkan. Yaitu untuk mengetahui apakah ada peningkatan keaktifan belajar dan prestasi belajar.

Penelitian ini menggunakan empat metode pengumpulan data yaitu: 1) dokumentasi, 2) observasi, 3) metode tes dan 4) wawancara. Pelaksanaan tindakan dengan menggunakan tahapan sebagai berikut: 1) apersepsi dan motivasi, 2) kegiatan inti (pembentukan kelompok, pembelajaran dengan pendekatan Creat ).

Peningkatan Keaktifan Belajar bisa terlihat bahwa indikator disiplin kehadiran peserta didik meningkat. Hasil belajar bisa disimpulkan bahwa hasil belajar kondisi awal masih kurang dari ketuntasan klasikal, karena masih 74%. Dan nilai rata-rata masih di bawah KKM (78).  Penerapan pembelajaran Creat dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di SMA.Penerapan pembelajaran Creat  dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA. Penerapan pembelajaran Creat dapat memberikan dampak pembelajaran yang lebih bermakna dengan pembentukan karakter pada peserta didik, serta meningkatkan prestasi di bidang karya ilmiah.

References

Anni, CT. 2006. Psikologi Belajar, Semarang. UOT MKK Universitas Negeri Semarang.

Azwar, 2007. Tes Prestasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Joyce, 2009. Models of Teaching, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Juniati, 2012. Peningkatan Kompetensi Atom, Ion, dan Molekul melalui Pendekatan SETS pada peserta didik kelas VII G SMP SMP Negeri 3 Purworejo Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013, Semarang. Jurnal Metodika Volume 3 No.9 Mei 2013.

Kemendiknas, 2008. Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta.

Slametto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.