PENDIDIKAN RESPONSIF GENDER BAGI ANAK USIA DINI

susilo setyo utomo, Uni Ekowati

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui model pendidikan responsif gender bagi anak-anak. Beberapa tahun terakhir ini kajian masalah perempuan dan gender di Indonesia menunjukkan perkembangan yang cukup pesat sekaligus merefleksikan meningkatnya kesadaran berbagai kalangan termasuk kalangan yang bergerak dalam dunia pendidikan. Tujuan dari pendidikan responsif gender yaitu terwujudkan kesetaraan gender sebagai upaya pemahaman agar peserta didik dapat memahami dalam memposisikan peran seorang perempuan maupun peran laki-laki. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi dalam penelitian ini di Taman Kanak-Kanak yang ada di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen, dan pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan responsif gender bagi anak-anak dapat dilakukan melalui pendidikan dan pendekatan budaya, baik di sekolah maupun dalam keluarga.

 

 

Keywords

Pendidikan responsive Gender, Perilaku Sosial, Anak Usia Dini

References

Agus Wibowo. 2012. Pendidikan Karakter Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dadang S, Dkk. 1997. Membincangkan feminism:Refleksi Muslimah atas peran sosial kaum wanita. Malang:Pustaka Hidayah.

Dwi Edi Wibowo. 2010. Sekolah Berwawasan Gender. Muwazah.

Mansour Fakih. 2013. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miles, M.B., and Huberman, A.M., 1987, Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods, Newbury Park: Sage Publication.

Moleong J. Lexy. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, PT Remaja Rosda Karya, 2000.

Riant Nugroho. 2011. Gender dan Strategi Pengarus Utamaannya di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shadily Hasan. 1983. Sosiologi untuk masyarakat Indonesia. Jakarta: Bina Aksara

Silalahi, Ulber. 2006. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Unpar Press.

Spradley, J. 1997. Metode Etnografi, Yogyakarta: PT. Tiaara Wacana

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sutopo, H. B. 2006, Metode Penelitian kualitatif, Universitas Sebelas Maret Press, Surakarta.

Umar. 2001. Argumen Kesetaraan Gender. Jakarta: Paramadina.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.