PEMBELAJARAN SOSIOLOGI BERBASIS MEDIA SOSIAL SEBAGAI BENTUK PEMBELAJARAN ABAD 21

Ghufronudin Ghufronudin

Abstract

Perkembangan teknologi digital khususnya media sosial membawa dampak signifikan terhadap perubahan revolusioner dalam pola komunikasi. Media sosial menjadi bagian dari perubahan pola komunikasi yang berimplikasi besar terhadap gaya hidup masyarakaat kini Kehadiran media sosial bagi dunia pendidikan turut memberikan warna bagi variasi media pembelajaran bagi guru. Dalam pembelajaran sosiologi, media sosial dapat dimanfaatkan dalam mendukung tercapainya kompetensi dasar pembelajaran melalui pemanfaatan fitur aplikasi seperti instgram, youtube maupun facebook. Berbagai fitur yang ada dapat dimanfaatkan melalui aksesibilitas yang menarik dan dekat dengan keseharian kehidupan siswa. Melalui pembelajaran Sosiologi berbasis media sosial dapat mengatasi keterbatasan pengalaman siswa dalam mengakses pemahaman materi, meningkatkan pemahaman aplikasi konseptual teoritis, memudahkan adanya interaksi langsung antara siswa dengan lingkungan sosial, memberikan pengalaman kepada siswa baik abstrak maupun konkrit serta meningkatkan minat dan motivasi belajar Sosiologi. Dengan pemanfaatan secara maksimal dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sosiologi untuk meingkatkan prestasi belajar siswa.

Keywords

Media Sosial, Pembelajaran Sosiologi, Teknologi Pendidikan

References

Asnawir dkk. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press

Hamzah, Yeni Imaniar. (2012). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi

Pariwisata Indonesia. Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Kepariwisataan.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jakarta.

Permana, Wim. (2005). Pemanfaatan e-learning sebagai Pendukung Kegiatan Belajar Mengajar

Universitas Terbuka di Indonesia: Studi Perangkat Lunak, Program Studi Ilmu

Komputer FMIPA UGM. Yogyakarta.

Wiroatmodjo, Sasonohardono. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: Lembaga Administrasi

Negara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.