UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE MENTOR BERBASIS TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION KELAS VI SD NEGERI DEMAKIJO 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Tangsi Sasmito

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penggunaan metode mentor berbasis Team- Assisted Individualization dalam pembelajaran Matematika dan peningkatan prestasi belajar siswa kelas VI dalam menyiapkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Metode pembelajaran mentor berbasis Team-Assisted Individualization merupakan pengembangan metode pembelajaran tutor sebaya sebagai alternatif mengatasi permasalahan dalam pembelajaran kelas besar yang heterogen. Metode pembelajaran mentor berbasis Team- Assisted Individualization mengadaptasi perbedaan individu siswa secara akademik, pengelompokan siswa, pengelompokan kemampuan di dalam kelas, dan pengajaran terprogram. Pembentukan kelompok belajar berdasarkan analisis hasil tes menggunakan Student Proplem Analysis (S-P Analysis). Responden penelitian adalah 32 siswa kelas VI SD Negeri Demakijo 1. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian terhadap implementasi metode mentor berbasis Team-Assisted Individualization dalam pembelajaran Matematika menunjukkan aktivitas dan dinamika belajar siswa meningkat serta perubahan prestasi yang positif ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata dari tes awal sampai dengan tes siklus III. Dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 7,50 diperoleh data 81,25% (26 siswa) mencapai KKM. Efektivitas implementasi metode mentor berbasis Team-Assisted Individualization dalam pembelajaran mulai siklus I sampai dengan siklus III mampu menaikkan prestasi/nilai latihan USBN mata pelajaran Matematika sebesar 1,42 atau 21,65%. 

Keywords

mentor, Team-Assisted Individualization , SP-Analysis

References

Ahmad Susanto (2013). Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Agus Suprijono (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: PustakaPelajar

Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY

Depdiknas (2008). Pedoman Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: dirjendikdasmen 209

Miftahul Huda (2018). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar Mukminan. (1998). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta

Mushlihin Al-Hafizh (2013). Memahami Hal Penting dan Manfaat MLM Belajar.

www.mushlihin.com tgl 29 nov 2013 diambil 10-12-2016

Ngadirin (2003). Analisis Hasil Tes (Student-Problem Analysis). Jakarta: Dirjendikdasmen Poerwadarminta (2002). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Safitri, Heni. (2006). Pengantar Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Jakarta: Depdiknas

Suhardjono (2010). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Cakrawala Indonesia

Sri Rumini.(1995). Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: IKIP Yogyakarta

Susilowati, dkk (2009). Pembelajaran Kelas Rangkap. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Zubaidah Amir (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Refbacks

  • There are currently no refbacks.