Problematika Pendidik Sosiologi Antropologi Di Masyarakat Multikultural

Zaini Rohmad

Abstract

Masyarakat multikultural adalah suatu masyarakat yang beragam kumunitas budaya dengan segala kelebihannya, dan kekurangannya tentang konsepsi mengenai dunia, suatu sistem arti, nilai, bentuk organisasi sosial, sejarah, adat serta kebiasaan. Berdasarkan hal di atas, kajian ini berdasarkan konsepsi teoritis mengenai problematika pendidik sosiologi antropologi di masyarakat multi­cultural. Minimal ada empat hal yang dialami pendidik di masyarakat multikultural, yakni: (1) tuntutan penyetaraan pelayanan dalam menyeleksi dan mengintegrasikan isi (content selection and integration); (2) masalah “proses mengkonstruksikan pengetahuan” (the knowledge construction process); (3) menguragi prasangka (prejudice reduction)? (4) sejauhmana guru mampu memilih aspek dan unsur budaya yang relevan dengan isi dan topik mata pelajaran, sehingga peserta didik menuntut penyetaraan pendidikan (equity of education). Berdasarkan uraian di atas, pendidikan harus memenuhi kriteria ilmiah (scienteific methods), dengan lebih mengedepankan penalaran induktif (inductive reasoning) dibandingkan dengan penalaran deduktif (deductive reasoning) dengan pendekatan kolaburatif dan kontekstual.

 

Kata Kunci: soiologi antropologi, permasalahan pendidikan, multikuturalisme, masyarakat

 

Keywords

soiologi antropologi, permasalahan pendidikan, multikuturalisme, masyarakat

References

Achmad Fedyani Saifuddin. 1986. Konflik dan Integrasi: Perbedaan Faham dalam Agama Islam. Jakarta: Rajawali.

Chairol Mahfud. 2008. Pendidikan Multikultural. Yogyakata Pustaka Pelajar

Joyce, dkk. 2009. Models of Teaching.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud.

Tim pengembang, 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.

Tilaar, HAR, 2003. Kekuasaan dan Pendidikan; suatu Tinjauan dari perspektif studi kultural, Bandung: Remaja Rosdakarya

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruk¬tivistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasi¬nya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zaini Rohmad, 2015. Sosiologi Pembangunan. Yogyakarta: CV. Ombak

________, 2016. Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

________, 2017. Pendidikan Orang Dewasa. Surakarta: LPPM UNS Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.