Implementasi Metode Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Antropologi

Indrijati Soerjasih

Abstract

Kegiatan pembelajaran tidak akan lepas dari metode mengajar yang akan digunakan, karena metode mengajar merupakan bagian dari strategi kegiatan yang dalam fungsinya berperan sebagai alat untuk membantu efisiensi dalam proses mengajar. Oleh karena itu, dalam program kegiatan pembelajaran, guru hendaknya kreatif dalam memilih metode yang akan dipakai.  Beberapa metode pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran antropologi. Namun dalam kenyataannya masih banyak guru antropologi yang menggunakan metode ceramah, dan diskusi kelompok. Dengan demikian, maka peran guru dan buku-buku teks masih merupakan sumber belajar yang utama. Cara-cara seperti ini cenderung membuat peserta didik lebih bersikap apatis, baik terhadap mata pelajaran itu sendiri maupun terhadap gejala-gejala sosial budaya yang terjadi dalam masyarakat.  Berdasarkan karakteristik mata pelajaran antropologi, maka guru antropologi dituntut harus mempunyai kombinasi metode-metode pembelajaran yang beragam. Metode pembelajaran dalam mata pelajaran antropologi hendaknya berpijak pada aktivitas yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip antropologi secara holistik dan autentik. Melalui pembelajaran antropologi peserta didik diharapkan dapat memperoleh pengalaman langsung, sehingga dapat menambah kekuatan untuk menerima, menyimpan, dan memproduksi kesan-kesan tentang hal-hal yang dipelajari.

 

Kata Kunci: Mata pelajaran antropologi, Metode pembelajaran.

Keywords

Mata pelajaran antropologi, Metode pembelajaran.

References

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Iskandar, Wassid dan Dadang Sunendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Kauchak, D.,& Eggen, P. (2007). Learning and Teaching: Research-Based Methods (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Muliawan, Jasa Unggul. (2016). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Murtadlo, Muhammad Ali. (2011). Manajemen Pembelajaran Inovativ. Surabaya: Iranti Mitra Utama.

Sanjaya. Wina. (2007). Strategi Pembelajaran. Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: remaja Rosdakarya.

Yamin, Martinis. (2007). Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zainal Aqib dan Ali Murtadlo. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.