PEKERJA ANAK SEBAGAI KEARIFAN LOKAL

Ahmad Yasser Effendi

Abstract

Desa Bogak merupakan wilayah pesisir yang sebagian besar masyarakatnya mencari nafkah dari laut. “Anak itik” adalah istilah kearifan lokal untuk anak-anak yang membantu nelayan di Desa Bogak dan sudah disosialisasikan secara turun temurun. Kearifan lokal ini sudah diturunkan dari generasi ke generasi dengan konformitas yang ada di masyarakat bahwa “anak itik” tersebut nantinya akan menjadi pelaut atau nelayan di Desa Bogak.Sebagian besar hak “anak itik” sebagai anak-anak tidak terpenuhi, namun hal itu tidak disadari oleh masyarakat Desa Bogak (termasuk “anak itik”). Hal itu disebut juga sebagai kekerasan simbolik, yaitu kekerasan yang tidak disadari karena berbagai simbol yang menutupinya.  Tulisan ini akan mengidentifikasi kekerasan simbolik yang dirasakan oleh “anak itik”. Anak itik” tidak menyadari kekerasan atau ketidakterpenuhinya hak-hak mereka sebagai anak, baik yang harus dipenuhi oleh keluarga atau juga masyarakat. “Anak itik” merupakan kearifan lokal yang ada di Desa Bogak dan merupakan proses bagi anak-anak di sana untuk menjadi pribadi yang dewasa, memahami laut, sehingga menjadi budaya yang harus diturunkan dari generasi ke generasi.

 

Kata Kunci: Pekerja Anak, Hak Anak, Masyarakat Pesisir, Kearifan Lokal dan Kekerasan Simbolik

Keywords

Pekerja Anak, Hak Anak, Masyarakat Pesisir, Kearifan Lokal dan Kekerasan Simbolik

References

Adam, Mohammad & Fikri Hakin, (2015), Ekspor Perikanan RI Masuk Peringkat Kelima, Http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/584824-ekspor-perikanan-ri-masuk-peringkat-kelima-di-dunia, diakses pada 28 Agustus 2015.

Brinkerhoff, David B, dkk, (1995), Essentials of Sociology: Third Edition, Lincoln, West Publishing Company.

Bungin, Burhan, (2007), Penelitian Kualitatif, Jakarta, Kencana.

Endrawati, Netty, (2011), Faktor Penyebab Anak Bekerja Dan Upaya Pencegahannya (Study Pada Pekerja Anak Sektor Informal Di Kota Kediri), Jurnal Ilmu Hukum Refleksi Hukum Edisi April 2011.

Ernaningsih, Wahyu, (2012), 20 Hak Anak Menurut UU No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Jurnal Ilmiah Pusat Studi Wanita UNSRI, Vol. 3, No. 1. UNSRI.

Hannselin, James M., (2006), Sosiologi Dengan Pendekatan Membumi, Jakarta, Gelora Aksara Pertama.

Jerkins, Richard, (2005), Membaca Pikiran Pierre Bourdieu, Yogyakarta, Kreasi Wacana.

Munirob, Siti Mumun, (2011), Psikologi Keberlanjutan Sekolah Pekerja Anak Di Sektor Batik, Jurnal Penelitian Vol. 8 No. 2.

Munirob, Siti Mumun, (2013), Sekolah Ideal Pekerja Anak: Ekspektasi Dan Model Sekolah Bagi Pekerja Anak Di Pekalongan, Jurnal Penelitian Vol. 10 No.1.

Nainggolan, Lukman Hakim, (2005), Masalah Perlindungan Hukum Terhadap Anak Di Indonesia, Jurnal Equality Volume 10 No. 2.

Nasution, Arif, dkk, (2008), Metode Penelitian, Medan, FISIP USU Press.

Poloma, Margaret M, (2010), Sosiologi Kontemporer. Jakarta, Rajawali Pers.

Ritzer, George & Barry, Smart, (2014), Handbook Teori Sosial, Jakarta, Nusa Media.

Ritzer, George & Douglas, J. Goodman, (2010), Teori Sosiologi Modern, Jakarta, Kencana.

Robi, Rizkianto, Istiqlaliyah Muflikhati & Neti Hermawati, (2013), Nilai Ekonomi Anak, Motivasi dan Self-Esteem Pekerja Anak. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, Vol.6, No. 3. IPB: Bogor.

Rochatun, Isti, dkk, (2012), Eksploitasi Anak Jalanan Sebagai Pengemis Di Kawasan Simpang Lima Semarang, Unnes Civic Education Journal 1 (1).

Sugiyono, (2008), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung, Alfabeta.

Wahyuni, Lilik, (2008), Kekuasaan Simbolik Dalam Wacana Politik Di Media Cetak, Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra Vol. 20, No. 2, Malang, PBSI-IKIP Budi Utomo.

Wirarta, Made, (2005), Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi, Yogyakarta, Penerbit Andi.

Yin, Robert K., (2014), Studi Kasus: Desain & Metode, Jakarta, Rajawali Pers.

Sumber Internet:

Http://www.batubarakab.go.id/, diakses pada 03 Oktober 2015.

Statistik.kkp.go.id/index.php/arsip/file/37/kpda11_ok_r06_v02.pdf, diakses pada 28 Agustus 2015.

Demartoto, Argyo, (2013), Teori Konstruksi Sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckman, diakses dari http://argyo.staff.uns.ac.id/2013/04/10/teori-konstruksi-sosial-dari-peter-l-berger-dan-thomas-luckman/ pada 19 Oktober 2015.

Sumber Lain:

UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

UU No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.