MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA DINI: TINJAUAN PUSTAKA

Nadia Estu Ningtias, R Sri Martini Meilanie, Nurbiana Dhieni

Abstract

Pendidikan seks pada anak usia dini merupakan isu yang semakin mendapat perhatian dalam dunia pendidikan, terutama terkait upaya perlindungan diri anak sejak usia dini. Anak usia 5-6 tahun berada pada masa krusial dalam mengenal tubuhnya, memahami batasan, serta membentuk identitas diri. Namun, pendekatan dan media pembelajaran yang digunakan dalam mengenalkan pendidikan seks pada kelompok usia ini masih menjadi tantangan bagi pendidik dan orang tua. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji berbagai media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan seks anak usia dini melalui metode literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media visual berbasis narasi, seperti buku cerita bergambar terbukti efektif dalam membantu anak memahami konsep tubuh pribadi, hak atas tubuh, serta keberanian melapor. Selain itu, media berbasis permainan dan diskusi terbimbing juga memiliki dampak positif terhadap pemahaman anak secara menyeluruh. Buku bergambar memungkinkan anak memaknai pesan melalui ilustrasi dan cerita sesuai dengan dunia mereka, sementara pendekatan bermain menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kesimpulan dari kajian ini menegaskan bahwa pemilihan media pembelajaran yang interaktif, kontekstual, dan ramah anak sangat penting dalam mendukung efektivitas pendidikan seks di jenjang pendidikan anak usia dini.

 

Kata Kunci: Anak Usia Dini, Pendidikan Seks, Media Pembelajaran

 

 

ABSTRCT

Sex education in early childhood is an issue that has received increasing attention in the world of education, especially related to efforts to protect children from an early age. Children aged 5-6 years are at a crucial time in recognizing their bodies, understanding boundaries, and forming self-identity. However, the approach and learning media used in introducing sex education in this age group is still a challenge for educators and parents. This article aims to examine various learning media used in learning early childhood sex education through the literature review method. The results show that narrative-based visual media, such as picture storybooks, are effective in helping children understand the concept of personal body, body rights, and the courage to report. In addition, game-based media and guided discussions also have a positive impact on children's overall understanding. Picture books allow children to interpret messages through illustrations and stories according to their world, while the play approach creates a fun learning atmosphere. The conclusion of this study confirms that the selection of interactive, contextual and child-friendly learning media is crucial in supporting the effectiveness of sex education in early childhood education.

Keywords: Early Childhood, Sex Education, Learning Media

 

Keywords

Early Childhood, Sex Education, Learning Media

Full Text:

PDF

References

Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran. Rajawali Press.

Creswell, J. W. (2014). Qualitative Research & Research Design. Pustaka Siswa.

Erikson, E. H. (1963). Childhood and Society. W.W. Norton & Company.

Fadli, S. W., Chairilsyah, D., & Puspitasari, E. (2023). Pengembangan Media SBSE (Smart Board For Sex Education) Untuk Pendidikan Seks Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Al-Irsyad Panta Sumatera Barat. Innovative: Journal Of …, 3, 10234–10248. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1308

Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, A. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift the Flap “Auratku.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 33. https://doi.org/10.22373/equality.v7i1.8683

Goldman, J. D. G. (2008). Responding to parental objections to school sexuality education: A selection of 12 objections. Sex Education, 8(4), 415–438. https://doi.org/10.1080/14681810802433952

Hardiyantari, O., & Fatmawati, S. (2021). Flash Card Sex Education Berbasis Augmented Reality Untuk Anak Pada Tahap Pra-Operasional. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 204–211. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5443

Herman, & Andika, R. Y. (2022). Perancangan dan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Animation Pada Pembelajaran Sex Education Tentang Sexual Abuse Untuk Platform Android. Journal of Information System and Technology, 3(2), 15. https://doi.org/10.37253/joint.v3i2.6754

Ismiulya, F., Diana, R. R., Na’imah, N., Nurhayati, S., Sari, N., & Nurma, N. (2022). Analisis Pengenalan Edukasi Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4276–4286. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2582

Izugbara OC. (2008). Home-Based Sexuality: Nigerian parents discussing sex with their children. Youth and Society, 39(4), 575–600.

Kwirinus, D. (2022). Menyingkap Teori Seksualitas Psikoanalisa Sigmund Freud Dan Usaha Penerapannya Dalam Pendidikan Seksualitas. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 556. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.57871

Muflihah, H. F., Shaluhiyah, Z., Nugraha, P., Bagian, P., Kesehatan, P., Perilaku, I., & Kesehatan, F. (2019). Pengaruh permainan puzzle dan metode diskusi terhadap pengetahuan dan sikap anak usia dini (5-6 tahun) mengenai seksualitas (Studi di TK Kelurahan Bugangan. Ejournal3.Undip.Ac.Id, 7(1), 2356–3346. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jkm.v7i1.23071

Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar terhadap Pengetahuan tentang Seks Dini pada Anak. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 6(2), 110–115. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296

Piaget, J. (1970). Science of Education and The Psychology of the Child. Viking Press.

Rahayu, D., Indryani, I., & Wulandari, B. A. (2023). Pengembangan Media Sex Kids Education (Skidu) Berbasis Board Game Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 83–95. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1179

Sarasati, T. P., & Cahyati, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Edukatif Untuk Pengenalan Pendidikan Seks Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Cikal Cendekia, 01(02), 1–16. https://doi.org/10.37411/jecej.v2i2.152

Shabrina, S. F., Anisa, N., & Ramadhani, R. (2021). Fun Cards Sebagai Media Sex Education. 10(2), 139–157. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/dimensia.v10i2.47320

Solihin. (2018). PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIA DINI (Studi Kasus di TK Bina Anaprasa Melati Jakarta Pusat). 1, 30–52. https://ejurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/5

WINATA, W., KHAERUNNISA, K., & FARIHEN, F. (2017). Perkembangan Seksual Anak Usia Dua Tahun (Studi Kualitatif Perkembangan Seksual Pada Zakia). JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 342–357. https://doi.org/10.21009/jpud.112.12

Zulfahmi, A., Billah, M., & Erfantinni, I. H. (2021). Peran BK dalam Memberikan Pemahaman Pendidikan Seks kepada Siswa. KONSELING: Jurnal Ilmiah Dan Penerapannya, 2(4), 2686–2875. https://doi.org/10.31960/konseling.v2i4.1015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.