Author-Gudelines

Submission

Penulis dapat melakukan pengiriman makalah dan status pengiriman setelah melakukan registrasi dan login web equilibrium. 

Petunjuk Penulisan

  1. Equilibrium menerima artikel ilmiah dalam bidang teknik kimia (lihat focus and scope). Artikel tersebut dapat berupa hasil penelitian atau artikel review yang komprehensif
  2. Artikel yang diterbitkan dipilih oleh dewan editorial berdasarkan hasil review. Artikel-artikel tersebut harus tidak dipublikasikan di tempat lain sebelumnya. Untuk memastikan kualitas publikasi, editor equilibrium dapat melakukan penyuntingan format tanpa mengganggu substansi artikel.
  3. Equilibrium, menerima artikel dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia harus menyertakan abstrak dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
  4. Abstrak harus ditulis dalam Times New Roman 12 pt dan satu spasi. Abstraks tidak boleh melebihi 250 kata. Harap menghindari penggunaan akronim, singkatan, atau simbol dalam abstrak. Abstrak harus menggambarkan informasi kualitatif dan kuantitatif dan mencakup 3-5 kata kunci yang terkait dengan substansi abstrak.
  5. Artikel ditulis dalam MS word, huruf 12 pt times new roman dan 1,5 spasi. Ukuran kertas adalah A4, dengan margin atas, bawah, dan kanan 2,5, dan margin kiri 3,0 cm. Baris paragraf pertama harus sejajar dengan 1 cm.
  6. Naskah harus disimpan dalam format MS word dan artikel dikirimkan secara online melalui web…….. Penulis harus melakukan registrasi untuk mendapatkan nama pengguna dan kata sandi untuk login.
  7. Nama penulis ditulis tanpa gelar/penghargaan. Namun, nama dan alamat afiliasi harus ditulis lengkap termasuk email dari penulis yang sesuai (lihat template penulisan).
  8. Naskah terdiri dari abstrak, pengantar, metode, hasil dan diskusi, kesimpulan, acknowledgement/pengakuan (jika ada) dan referensi. Sedangkan naskah review dapat ditulis tanpa bagian metode.
  9. Jumlah tabel, gambar, persamaan matematika dan reaksi kimia sesuai dengan kutipannya dalam teks.
  10. Gambar disajikan dengan resolusi tinggi (min. 300 dpi). Jika perlu, penulis dapat mengirimkan file gambar secara terpisah (dalam format jpeg, giff, tiff, atau png) untuk proses pengeditan.
  11. Kutipan dan referensi harus mengikuti gaya Harvard. (lihat template penulisan)