Pemetaan Potensi Wilayah Kelurahan Semanggi

Hyldegard Asyera Malnes

Abstract

Kelurahan Semanggi merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Pasar Kliwon yang berada di sebelah tenggara Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kelurahan Semanggi yang terletak di bantaran Sungai Bengawan Solo ini merupakan sebuah kampung urban yang kumuh dan dihuni dengan berbagai penduduk dengan status sosial dan mata pencaharian yang sangat beragam sehingga menjadikan Kelurahan Semanggi sebagai kampung yang memiliki tingkat kriminalitas tinggi dan kurang tertata. Namun, Kelurahan Semanggi juga memiliki beragam potensi yang dapat diunggulkan baik dari sisi sumber daya alam, sumber daya manusia, maupun budayanya. Oleh karena itu, agar dapat memanfaatkan potensi dan mengatasi permasalahan wilayah dengan tepat maka diperlukan upaya pemetaan potensi dan masalah di Kelurahan Semanggi. Metode yang digunakan meliputi pengumpulan data primer melalui wawancara dan observasi lapangan. Wawancara dilakukan dengan target narasumber yaitu setiap ketua RT dan/atau ketua RW di seluruh Kelurahan Semanggi yang memiliki pemahaman tentang kondisi wilayah di Kelurahan Semanggi. Selanjutnya, dilakukan observasi lapangan untuk mengetahui titik dan kondisi lokasi keberadaan potensi yang sudah disebutkan dari hasil wawancara dengan ketua RT dan/atau ketua RW. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi lapangan tersebut, selanjutnya potensi yang ada akan dipetakan melalui aplikasi ArcMap untuk menghasilkan peta potensi Kelurahan Semanggi.

Keywords

potensi; pemetaan; semanggi

Full Text:

PDF

References

Firmansyah, Rizky, Milenia Rura Patulak, Mira Tania, and Nadindra Kanya Pratitha. 2022. “Pemetaan Potensi Wilayah Desa Pakisjajar Sebagai Desa Wisata”. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (1):44-48. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v3i1.2362.

Kadir W., dan Jusuf, Y. (2008). Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Social Forestry di KHDTK Borisallo. Jurnal Info Sosial Ekonomi, 8(3), 189-200.

Sadali, M. I., Alfana, M. A. F., Intan, K., Fajar, D., & Prianggoro, A. A. (2020). Pengembangan potensi wilayah di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo melalui pemetaan potensi wisata berbasis partisipasi. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 25(1), 1-16.

Taji, A. B. (2021). Identifikasi Spasial Kualitas Lingkungan Permukiman Kumuh Di Kelurahan Semanggi Kota Surakarta. Syntax Idea, 3(9), 2038-2048. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i9.1459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.