Analisis Kebutuhan dan Persepsi Penggunaan Air Bersih untuk Bersuci pada Jamaah Masjid di lingkungan Kampus UNS Kentingan, Surakarta

Irfan A N, Sunarto Sunarto, Muhammad Indrawan, Widhi Himawan, Muhammad Amjad Hamy Faqiih, Danila Desti Ramadhani, Asih Kinanthi, Gavriel Enos Berlin, Muhammad Kukuh Aprianto, Sovia Wijayanti, Ressa Karina

Abstract

Air digunakan untuk bersuci dalam agam islam, sehingga kebutuhan air bersih pada masjid menjadi sebuah keharusan. Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, ketersediaan air bersihnya harus dipastikan baik kuantitas serta kualitasnya, salah satunya adalah dengan menerapkan pengelolaan air di masjid. Metode penelitian berupa deskriptif dan survei dengan random sampling, serta lokasi penelitian pada Universitas Sebelas Maret yaitu masjid FMIPA, masjid FP, dan masjid UNS Nurul Huda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lapangan mengenai persepsi penggunaan air bersih di lingkungan kampus UNS Kentingan dalam kegiatan beribadah serta untuk memberikan edukasi kepada para pembaca agar bisa mengambil tindakan secara bijak dalam penggunaan air. Berdasarkan dari data pengamatan dan survei menunjukan penggunaan air dalam satu waktu sholat pada sampel masjid rata-rata 1.827 L. Serta 70% responden memperhatikan penggunaan air wudhu, dengan sisanya yang tidak. Hanya masjid FMIPA yang menggunakan kembali air wudhu. Kebutuhan sumber air bersih dengan jumlah banyak membutuhkan sumber lain tidak hanya sumur dan PDAM. Solusi yang ditawarkan adalah penggunaan PAH pada masjid. PAH (Panen Air Hujan) adalah teknik konservasi air yang digunakan untuk mengumpulkan dan menampung air hujan yang disimpan dalam wadah penampungan air yang selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Keywords

Air, Air Wudhu, Pemanfaatan Kembali, Implementasi

Full Text:

PDF

References

Aisya, S. 2018. Perencanaan Sistem Pemanenan Air Hujan Dan Pengolahan Limbah Air Wudhu Di Kompleks Masjid Salman ITB. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Boryczko, K. and J. Rak. 2018. Method for Assessment of Water Supply Diversification. Resources. 9 (7): 65-80.

Dermana, I. 2007. Perancangan Dimensi Sumur Resapan Air Hujan untuk Bangunan Rumah Tinggal Di Dusun Topan Riau.

Kluge, T. 2015. Water Gap: The Overuse of Fresh Water. Competition and Conflicts on Resource Use. 46: 213-229.

Komarulzaman, A., J. Smits, and E. de Jong. 2017. Clean Water, Sanitation and Diarrhoea in Indonesia: Effects of Household and Community Factors. Global Public Health. 12 (9): 1141-1155.

Liao, Z., Z. Chen, A. Xu, Q. Gao, K. Song, J. Liu, and H. Y. Hu. 2021. Wastewater Treatment and Reuse Situations and Influential Factors in Major Asian Countries. Journal of Environmental Management. 282: 1-8.

Nadia. F., dan M. A. Mardyanto. 2016. Perencanaan Sistem Penampung Air Hujan Sebagai Salah Satu Alternatif Sumber Air Bersih di Rusunawa Penjaringan Sari Surabaya. Jurnal Teknik ITS. 5(2) : 2337-3539.

Natsir, M. F., M. A. A. Agus, St. A. Rachmadani, A. L. Mushbir, A. D. Fahsa, dan A. Fachry. 2020. Analisis Kuantitas Air Bekas Wudhu Pada Masjid Kota Makassar 2020. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan. 3(2): 44-50.

Nazir, M. 2017. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nazlaa, C. T. F., & S. S. Lubisa. 2021. Analisis Potensi Limbah Wudhu Masjid sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro. CDA: Chimica Didactica Acta. 9 (2): 41-45.

Pendergast, S. M., J. A. Clarke, and G. C. Van Kooten. 2011. Corruption, Development and the Curse of Natural Resources. Canadian Journal of Political Science/Revue canadienne de science politique. 44 (2): 411-437.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 12 Tahun 2009 pada pasal 1 ayat 1 yang memuat berbagai macam pemanfaatan air hujan yang dimulai dari pengumpulan, penggunaan dan juga peresapan.

Priyatna, M., R. Yusuf, Mitra, E. Syamsudin, dan Madromi. 2020. Pembinaan Warga dan DKM Masjid dalam Upaya Mewujudkan Masjid yang Ramah Lingkungan, Nyaman dan Kondusif sebagai Tempat Ibadah dan Pusat Kegiatan Umat di Kelurahan Sindang Barang Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1 (1): 101-113.

Silvia, C. S. dan M. Safriani. 2018. Analisis Potensi Pemanenan Air Hujan dengan Teknik Rainwater Harvesting Untuk Kebutuhan Domestik. Jurnal Teknik Sipil dan Teknologi Konstruksi. 4 (1): 62-73.

Yofianti. D., F. Fahriani, Y. Apriyanti, dan R. Safitri. 2022. Implementasi Pembuatan Penampung Air Hujan (PAH) Untuk Bangunan Rumah Tinggal. Dharma Pengabdian Perguruan Tinggi. 2(1): 2798-7426.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.