Analisis Potensi Titik Rawan Kemacetan di Kecamatan Jebres Berbasis Sistem Informasi Geografis

Farah Meilani, Vidda Arlysia, Syahita Martha De Wela, Abel Surya Mahendra

Abstract

Setiap tahunnya pertumbuhan penduduk mengalami kenaikan akibat adanya pergerakan. Sehingga, berpengaruh pada kebutuhan transportasi. Potensi ekonomi yang semakin tinggi juga berdampak pada pertambahan angka kendaraan yang signifikan. Dampaknya adalah kemacetan yang dapat memunculkan dampak negatif secara luas terhadap masyarakat dan lingkungan, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji potensi titik rawan kemacetan di Kecamatan Jebres dan tingkat kerawanannya berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) serta dampak yang ditimbulkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi pustaka dan didukung data-data primer serta sekunder untuk memperkuat analisis penelitian, kemudian dianalisis secara deskriptif. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan 7 titik rawan kemacetan pada 5 ruas jalan di Kecamatan Jebres yang dibagi menjadi dua kategori kemacetan yaitu kuning yang artinya rawan terjadi kemacetan dan merah yang artinya sangat rawan terjadi kemacetan. Dampak dari kemacetan adalah pemborosan BBM dan biaya transportasi, polusi udara, pemborosan waktu, dan menyebabkan stres.

Keywords

Transportasi, Titik Kemacetan, Dampak Kemacetan, Kecamatan Jebres

Full Text:

PDF

References

Abbas, I., Badwi, N., Suprapta, & Qaiyimah, D. 2020. Analisis Kemacetan Di Beberapa Ruas Jalan Di Kabupaten Sombaopu Kabupaten Gowa. Jurnal Environmental Science. 3(1): 49 – 52.

Afrin, T., &Yodo, N. 2020. A survey of road traffic congestion measures towards a sustainable and resilient transportation system. Sustainability. 12:1-23.

Alif, S. M., & Silaen, R. A. 2020. Klasifikasi Parameter Penyebab Kemacetan Jalan Kolektor. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik. 7(1): 25-36.

Aung, N., Zhang, W., Sultan, K., Dhelim, S., & Ai, Y. 2021. Dynamic traffic congestion pricing and electric vehicle charging management system for the internet of vehicles in smart cities. Digital Communications and Networks. 7(4): 492-504.

Balta, M., & Özçeli̇k, I. 2020. A 3-stage fuzzy-decision tree model for traffic signal optimization in urban city via a SDN based VANET architecture. Future Generation Computer Systems.104: 142-158.

Chaeruddin, S., Fajar, Y., & Harahap, E. 2020. Analisis Panjang Antrian Dampak Rekayasa Lalu Lintas Cipaganti Menggunakan SimEvents MATLAB. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi). 4(1): 8-11.

Cold-Ravnkilde, S. M., & Jacobsen, K. L. 2020. Disentangling the security traffic jam in the Sahel: constitutive effects of contemporary interventionism. International Affairs. 96(4): 855-874.

Fan, Z., & Harper, C. D. 2022. Congestion and environmental impacts of short car trip replacement with micromobility modes. Transportation Research Part D: Transport and Environment. 103: 1 – 17.

Hartanto, D. E., Hidayati, N., & Mulyono, G. S. 2018. Analisis Hambatan Samping terhadap Kinerja Ruas Jalan Ahmad Yani pabelan Surakarta. In Prosiding Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi ke – 21 Universitas Brawijaya Malang. Hal 1574 - 1586

Haryono, Darunanto, D., & Wahyuni, E. 2018. Persepsi Masyarakat Tentang Kemacetan Lalu Lintas di Jakarta. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik. 5: 277-285.

Hasmita, L., & Radzuan, N.A.B. 2018. The public perception of traffic jam in Kuala Lumpur Malaysia. Sumatra Journal of Disaster, Geography and Geography Education. 2: 86-90.

Jain, N.K., Saini, R.K., & Mittal, P. 2018. A review on traffic monitoring system techniques. Soft Computing: Theories and Application. 742: 569-577.

Koźlak, A., & Wach, D. 2018. Causes of traffic congestion in urban areas. Case of Poland. In SHS Web of Conferences. 57:1 – 9.

Mohan, G.C., Reddy, V.K., & Someshwar, S. 2019. A case study on Hyderabad traffic. International Journal of Trend Scientific Research and Development. 3: 515-516.

Nguyen, M. Q., Pham, T.T.X., & Phan, T.T.H. 2019. Traffic Congestion: A Prominent Problem in Vietnam Current Situation and Solutions. European Journal of Engineering and Technology Research. 4:12-116.

Noor, M. A., Ashrafi, S., Fattah, M. A., Morshed, S. R., & Rahman, S. 2021. Assessment of traffic congestion scenario at the CBD areas in a developing city: In the context of Khulna City, Bangladesh. Transportation Research Interdisciplinary Perspectives. 11: 1 – 11.

Olayode, I.O., Tartibu, L.K., Okwu, L.M.O., & Uchechi, U.F. 2020. Intelligent transportation systems, un-signalized road intersections and traffic congestion in Johannesburg: a systematic review. Procedia CIRP. 91: 844-850.

Overtoom, I., Correia, G., Huang, Y., & Verbraeck, A. 2020. Assessing the impacts of shared autonomous vehicles on congestion and curb use: A traffic simulation study in The Hague, Netherlands. International journal of transportation science and technology. 9(3): 195-206.

Rohmah, S. 2022. Analisa dan Penanggulangan Kemacetan di Simpang 4 Pasar Ngebrak Bligo-Pekalongan. Jurnal Teknik Sipil. 15(1): 48-58.

Said, L. B., & Syafey, I. 2021. The scenario of reducing congestion and resolving parking issues in Makassar City, Indonesia. Case Studies on Transport Policy. 9(4): 1849-1859.

Sari, A. 2018. Analisis Kebijakan Penanganan Kemacetan Lalu Lintas Di Jalan By Pass Ketaping Kuranji, Padang Dengan Metode Analisis Hirarki Proses (AHP). Ruang Teknik Jurnal.1(1): 1-10.

Syamel, S.S., Mahsyar, A. & Usman, J. 2020. Koordinasi Dinas Perhubungan Dengan Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Penanggulangan Kemacetan Lalu Lintas di Kota Makassar. Journal of Public Policy Management. 2(1): 46 – 52.

Wei, X., Ren, Y., Shen, L., & Shu, T. 2022. Exploring the spatiotemporal pattern of traffic congestion performance of large cities in China: A real-time data based investigation. Environmental Impact Assessment Review. 95: 1 – 16.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.