KAJIAN EFEKTIVITAS PENGOLAHAN AIR MINUM SESUAI PERMENKES MENGGUNAKAN ADSORBEN LEMPUNG BANDING ANDISOL DALAM MENJERAT LOGAM BERAT KADMIUM (Cd) DAN BAKTERI PATOGEN

Fathoni Firmansyah, Pranoto P, Inayati I

Abstract

Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi semua mahluk hidup. Selain itu, air juga menjadi salah satu sumber penyebab dari penyakit yang menyerang manusia. Keberadaan polutan logam berat salah satunya kadmium (Cd) di dalam badan air merupakan masalah lingkungan yang memberi dampak negatif terhadap kualitas sumber air. Adsorpsi merupakan salah satu cara atau metode yang sering digunakan untuk pengolahan air limbah menjadi air bersih. Lempung dan alofan digunakan sebagai penjerap (adsorben) ion logam Cd dengan metode batch. Teknologi penjernih air menggunakan filter keramik digunakan untuk mengurangi kandungan Cd dalam air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi lempung dan andisol, suhu aktivasi dan waktu kontak terhadap kapasitas adsorpsi Cd dalam larutan model; kondisi optimum adsorpsi dan efektivitas filter keramik untuk menurunkan Cd dalam air.

Identifikasi dan karakterisasi adsorpsi dilakukan dengan uji NaF, Spektroskopi infra merah (FTIR), difraksi sinar-x (XRD), luas permukaan spesifik dan keasaman total spesifik. Konsentrasi logam Cd dianalisis dengan spektroskopi serapan atom. Isoterm adsorpsi ditentukan dengan persamaan Freundlich dan Langmuir.Teknologi penjernih air dimodifikasi menggunakan filter keramik yang dibuat dengan komposisi campuran lempung dan andisol.

Hasil penelitian menunjukkan sampel lempung dan andisol mengandung mineral-mineral. Kondisi optimum adsorpsi dicapai pada suhu aktivasi 200oC, waktu kontak 60 menit dan komposisi adsorben 60:40% lempung berbanding andisol. Isoterm Freundlich mewakili adsorpsi Cd pada adsorpsi lempung dan andisol dengan koefisien determinasi (R2) (0,98) dan konstanta (k) (1,59). Hasil pengukuran menunjukkan teknologi penjernih air menggunakan filter keramik efektif menurunkan bakteri koliform dan kandungan Cd dalam air.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.