METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL EMOSI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA GIWANGAN TAHUN 2022

Laila Qodari Gilang Wahyuningrum, Sri Hartini

Abstract


Bermain peran merupakan metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional dan kemampuan kognitif pada anak-anak. Latar belakang penelitian ini berdasarkan  hasil observasi awal di TK ABA Giwangan mengunakan metode bermain peran makro di kelas B2 dan mulai berkembangnya peserta didik  kemampuan mengenal emosidalam mengenal emosi diri dan orang lain. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran pelaksaaan metode bermain peran untuk mengembangkan kemampuan nmengenal emosi pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA Giwangan tahun 2022. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan  deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 2 guru kelas B sebagai partisipan dengan mengunakan teknik purposive sampling dengan kriteria mengajar dikelas usia 5-6 tahun terlibat dalam proses pembelajaran dan mengunakan metode bermain peran dalam pembelajarannya dan kepala sekolah sebagai sumber data. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mengunakan triagulasi teknik untuk mengumpulkan data dan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan.  Hasil penelitian ditemukan ada empat langkah yang dilakukan pendidik dalam pengunaan metode bermain peran untuk mengembangkan kemampuan mengenal emosi pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA Giwangan di kelas sentra yaitu pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan main dan pijakan setelah main.


Keywords


metode bermain peran; mengenal emosi; anak usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF
rticle

References


Agusaniati Andi dan Jane M Monepa. (2019). Ketrampilan Sosial Anak Usia Dini (Teori dan Metode Pengembangan). Edu Publisher: Jawa Barat.

Akollo Jane Gresia, Tiffany Adriana Wattilete dan Delkia Lesbatta. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Mengembangkan Empati Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal DIDAXEI : Jurnal Pendidikan. 1 (1), 41—53.

Anas Muhammad. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran. Muhammad Anas.

Corry Margaretha, M. Syukri dan Yuline. (2016). Peningkatan Perilaku Sosial Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. 5 (3), 1—9. B.

Endolia, K. (2013). Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Lisan melalui Metode Bermain Peran pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 4 (12), 1—10. Doi: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12859.

Hamzah Nur. 2015. Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. IAIN Pontianak Press: Pontianak.

Hartinah, Nurhayati dan Nurkamelia Mukhtar AH. 2020. Optimalisasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Bermain Peran. Jurnal KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education. 3 (2), 115—127.

Hurlock Elizabeth B. 1991. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Husna Ainunnisa’ul, Baik Nilawati Astini, Fahruddin dan I Made Suwasa Astawa. (2020). Pengembangan Metode Bermain Peran Mikro Menggunakan Wayang Untuk Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Lingkungan Lendang Bedurik Kelurahan Sekarteja Tahun 2020. Jurnal: Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education. 1 (3), 116—120.

Indrijati Herdina. (2016). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini (Sebuah Bunga Rampai). Jakarta: Kencana.

Jannah Rina Roudhotul dan Sukiman. (2018). Metode Bermain Peran Inklusif Gender Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Khumaira, K., Rini, R., & Kurniawati, A. B. (2015). Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Aspek Perkembangan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak. 1 (5).

Kusumah Wijaya, Dedi Dwitagam. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat: Indeks.

LN Syamsu Yusuf. (2014). Psikologi perkembangan anak dan Remaja. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Manshar Riana. (2013). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Mutiah Diana. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana Prenadamedia Group: Jakarta.

Ndari Susianty Selaras, Amelia Vinayastri dan Khusniyati Maskutoh. (2018). Metode Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Edu Publisher: Jawa Barat.

Nisya Fahrun. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Interpesonal pada Anak Melalui Bermain Peran di TK Tunas Permata Jagabaya II Wayhalim Bandar Lampung. Skripsi.

Nugraha Ali, Nurmiati, Sri Wahyuningsih dan Wujiati. (2015). Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Pusat: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Nurhasanudin dan Tika Santika. (2021). Pendekatan Sentra Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini. JoCE; Journal of Community Education. 2 (1), 38—42.

Ochtoviana, R. (2020). Perkembangan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Dengan Metode Bermain Peran Makro Di Tk It Mon Kuta Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini. 5 (1), 67—76.

Palintan Tien Asmara. (2020). Membangaun Kecerdasan Emosi dan Sosial Anak Usia Dini. Linda Bestari: Cibeber..

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.137 tahun 2014.

Sit Masganti. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana.

Siyoto Sandu dan Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sholichah, Z. (2018). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Kelompok B PAUD UPT SPNF SKB Gresik. J+ PLUS UNESA. 7 (1), 1—9.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Cara Mudah Menyususn Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Suriyati. Yusuf, A., & Miranda, D. Peningkatan Sosial Emosional Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 3 (7), 1—14. Doi: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i7.5699.

Utamayasa I Gede Dharma. (2021). Pertumbuhan dan Perkembangan Peertadidik. Jakat Media Pulishing: Surabaya.

Wiyani Novan Ardy. (2014). Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Yusuf A. Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Grub.

Yus Anita. (2011). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Zaidah. (2019). Implementasi Bermain Peran Dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah 2 Kedaton Bandar Lampung. Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v4i2.65605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License