PENGARUH GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI

Aulia Fadhilah Indarwan, Elia Hestiningrum, Isfahani Fadia Nur Afifah, Ruli Hafidah, Novita Eka Nurjanah, Jumiatmoko Jumiatmoko

Abstract


Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan basis pembentukan karakter moral manusia, sehingga terbentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya. Untuk itu ddiperlukan penanaman nilai nilai moral untuk anak usia dini. Tetapi dalam masa sekarang ini banyak anak usia dini yang sudah memainkan gadget, entah itu gadgetnya sendiri ataupun milik dari orang terdekatnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak dalam penggunaan gadget terhadap perkembangan moral anak usia dini, dimana pada usia itu usia dimana sel sel otak anak berkembang secara luar biasa. Yang menjadi garis besar permasalahannya yaitu penggunaan gadget lebih banyak menimbulkan dampak negative daripada dampak positive jika digunakan oleh anak usia dini apalagi tanpa pengawasan dari orang dewasa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yaitu studi pustaka atau literature review. Peneliti sudah menjabarkan bebrapa pengaruh yang dihasilkan dari penggunaan gadged yang dilakukan anak usia dini terutama pada perkembangan moral atau karakter anak itu sendiri. Sehingga dalam hal ini orang dewasa dalam artian orang terdekat anak harus selalu mendampingi anak anaknya agar bisa mencapai perkembangan sesuai tahapnya.

Keywords


perkembangan moral; penggunaan gadget; anak usia dini

Full Text:

PDF
rticle

References


Auliya, F., Pranoto, Y. K. S., & Sunarso, A. (2017). Kecerdasan Moral Anak Usia Dini. In Edukasi (Vol. 2, Issue 1).

Damayanti, E. dkk. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak. Martabat : Jurnal Perempuan dan Anak. Vol. 4 (1). 1-22

Keumala, M., Yoestara, M., & Putri, Z. (2018). the Impacts of Gadget and Internet on the Implementation of Character Education on Early Childhood. Proceedings of the ICECED, 313–325.

Mardiyantoro, N. Literatur Review. 1-18. Elearning.fastikom-unsiq.ac.id

Muslimah, J., Maghfiroh, M., & Astuti, R. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dan Perkembangan Moral Anak Usia Dini (Studi Kasus di Tk Al-Ghazali. KIDDO: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1 (1), 1-9.

Nasional, S., Rahmalah, P. Z., Astuti, P., & Pramessetyaningrum, L. (2019). Pengaruh penggunaan gadget terhadap pembentukan karakter. 302–310.

Nugraheni, A. D. (2018). The Influence of the Digital Age on Early Childhood Education Based Characters. 249 (Secret), 205–208.

Rahmalah, P. Z., Astuti, P., Pramessetyaningrum, L., & Susan, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Lppm Ump, 0(0), 302–310.

Rahmawati, D. S. (2018). Analisis penggunaan gadget terhadap akhlak anak (studi kasus di SDN 01 Kebonharjo, Klaten). Skripsi. Universitas Islam Indonesia.

Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297

Subakah, M. A. (2019). Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15 (1), 125–139.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Psikologi pada Anak Sekolah Dasar Perkembangan. 3(4), 527–533.




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v4i1.52387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License