MODIFIKASI PERILAKU TANTRUM MELALUI PERMAINAN DAN METODE TIME-OUT PADA ANAK USIA DINI

Nandhi Azhari Nur Rohmah

Abstract


Anak usia dini merupakan masa golden age sangat difasilitasi oleh lingkungan. Perilaku tantrum adalah keadaan ketika anak meluapkan emosinya dengan cara menangis kencang hingga melempar barang.  Tantrum tersebut pertunjukan dari perkembangan emosi yang mengalami hambatan, diakibatkan kebutuhan dasar anak akan rasa kasih sayang dan rasa aman tidak terpenuhi. Ini terjadi karena ketidaknyaman yang dirasakan oleh anak dengan beberapa sebab seperti lapar, ngantuk, keinginannya terhalangi, orang tua salah merespon kebutuhan anak, diserang atau dikritik, dirampas permainannya atau bertemu dengan orang asing dan beberapa sebab lainnya Gejala perilakunya, marah berlebihan, merusak diri dan barang, takut yang sangat kuat, menarik diri dari lingkungan, sulit mengatasi perasaan tersinggung dan pandangan yang cenderung negative bersikap murung. Sehingga untuk menghadapi anak tersebut, bagi orang tua dan guru sebaiknya memberi perlakuan rasa kasih sayang dan cinta kasih, serta hadapi anak dengan tenang, ajak anak berbicara dengan hati yang tulus, bahasa yang halus dan nada yang lembut dengan pelukan cinta.Perilaku tantrum dapat diatasi melalui strategi permainandanmetode time-out. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji modifikasi perilaku tantrum pada anak usia dini ketika pembelajaran berlangsung yang didasari studi literatur.


Keywords


Modifikasi; anak usia dini; tantrum; metode time-out

Full Text:

PDF
rticle

References


Amin, A. (2014). Implementasi asesmen dan intervensi bagi anak berperilaku temper tantrum (Suatu Kajian Teori dan Studi Kasus). Jurnal Kreatif Tadulako, 17(1).

Cahya, M., & Lestari, D. (2020). Stimulasi metode time-out dalam menerapkan sikap disiplin anak usia dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3 (1), 60–69.

Fatimah, S., Iriyanto, T., Anisa, N., & Malang, U. N. (2020). Studi kasus perilaku temper tantrum anak dalam bersosialisasi di TK Dharma Wanita Kempleng II. PRESCHOOL: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (1), 155–162.

Forge, L. (2014). Strategi Ibu Mengatasi Perilaku Temper Tantrum Pada Anak Usia Toddler Di Rumah Susun Keudah Kota Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 5(1).

Herawati, N. I. (2012). Menghadapi anak usia dini yang temper tantrum. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).

Lanavia, F. S. (2018). Pengaruh strategi penanganan anak temper tantrum melalui terapi permainan puzzle. Junral Kebidanan Poltekkes Tanjungkarang, 14(2), 236–239.

Sinaga, J. D. (2015). Time-out sebagai teknik modifikasi perilaku di sekolah dan di rumah: ulasan singkat dan rekomendasi 1. 27–28.

Supriyanti, E., & Hariyanti, T. B. (2019). Strategi mengatasi tempertantrum pada anak usia 3-5 tahun melalui permainan ular tangga di TK Wilayah Tumpang Kabupaten Malang. Jurnal Wiyata, 001, 13–20.

Syamsuddin. (2013). Mengenal Perilaku Tantrum Dan Bagaimana Mengatasinya. Informasi, 18(02), 73–82.




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v3i2.50251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License