CENTER LEARNING MODEL IN CHILDREN AGED 4-5 YEARS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Suyadi. (2014). Teori pembelajaran anak usia dini dalam kajian neurosains. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aziz, A. (2017). Implementasi inovasi pada model-model pendidikan anak usia dini di Taman Pengasuhan Anak (TPA) Serama Kementerian Kesehatan RI. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11 (2), 201-214. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/4893 Diperoleh pada 20 Maret 2018.
Hanafi, Z. (2014). Implementasi metode sentra dalam pengembangan kecerdasan majemuk anak usia dini TK Batitus Al-Ilmi Bekasi. Yogyakarta: Deepublish.
Oktaria, R. (2014). Evaluasi program implementasi pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT). Jurnal Pendidikan Usia Dini. Universitas Negeri Jakarta, 8 (2) 337-352. https://media.neliti.com/media/publications. Diperoleh pada 20 Maret 2018.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman penerapan pendekatan “Beyond Centers and Circle Time (BCCT)” (Pendekatan Sentra dan Lingkaran) dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Latif, et al. (2013). Orientasi pendidikan anak usia dini, teori dan aplikasi. Jakarta: kencana Prenada Media Group.
Suyadi & Dahlia. (2014). Implementasi dan inovasi kurikulum PAUD 2013, program pembelajaran berbasis multiple intelligences. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Claesses, A & Garrett, R. (2014). The role of early childhood settings for 4–5 year old children in early academic skills and later achievement in Australia. Early Childhood Research Quarterly. 29: 550-501. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2014.06.006. Diperoleh pada 12 Maret 2018.
Lestari, Y., Marhaeni, A A I N., & Suastra, W. (2013). Penerapan model pembelajaran Beyond Centers and Circle Time (BCCT) untuk meningkatkan minat dan aktivitas belajar anak kelompok B TK Bumi Gora BPKBM NTB. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 3. http://download.portalgaruda.org/article.php. Diperoleh pada 14 maret 2018.
Masrurah, F. (2014). Kecerdasan verbal-linguistik anak melalui pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT). Jurnal Lisan Al-Hal, 6(2), 305-334. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/lisan/article/view/1192. Diperoleh pada 20 Maret 2018.
Hurlock, E. B. (2013). Perkembangan anak. Jakarta : Erlangga.
Wiyani, N. A. (2014). Psikologi perkembangan anak usia dini panduan orang tua dan pendidik PAUD dalam memahami serta mendidik anak usia dini. Yogyakarta: Penerbit Gava Meida.
Allen, K. E & Marotz, L. R. (2010). Profil perkembangan anak prakelahiran hingga usia 12 tahun (Terj. Valentino). Jakarta: PT Indeks.
Beaty, J. J. (2013). Observasi perkembangan anak usia dini (Terj. Arif Rakhman). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Mulyasa, H. E. (2017). Strategi pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Bodrova, E. (2008). Make‐believe play versus academic skills: a Vygotskian approach to today’s dilemma of early childhood education. Europan Early Childhood Education Research Journal, 16 (3): 357-369. https://doi.org/10.1080/13502930802291777. Diperoleh pada 10 Oktober 2018.
Griffin, T.M., et al. (2015). Oral discourse in the preschool years and later literacy skills. First Language. 24 (2): 123-147. https://doi.org/10.1177/0142723704042369. Diperoleh pada 20 Maret 2018.
Smith, J.T & Dziurgot, T. (2010). ‘Good-fit’ teacher–child play interactions and the subsequent autonomous play of preschool children. Early Childhood Reseach Quartely. 26: 110-123. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2010.04.005. Diperoleh pada 12 Oktober 2018.
Caughlin, et al. (1997). Creating child-centered classrooms: 3-5 years old. New York: Children’s Resources International.
Desmita. (2013). Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sujiono, Y. N. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks.
Asmawati, L, dkk. (2008). Pengelolaan kegiatan pengembangan anak usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v1i1.34521
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Early Childhood Education and Development Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Early Chilhood Education and Development Journal published by
Departement of Teacher Training of Early Childhood Education
Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta
Email: ecedjournal@gmail.com
Telp : (0271) 719 573
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License