PROFIL KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU PAUD

Fadhillah Chonifat Larasati, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

Kompetensi kepribadian adalah kemampuan seorang guru untuk menciptakan konsep diri yang lebih baik sehingga dapat dijadikan role model oleh peserta didik dalam berperilaku. Sementara itu, kompetensi sosial adalah kemampuasn guru di dalam membangun relasi dengan peserta didik dan orang-orang lain terkait keberhasilan pembelajaran, seperti rekan guru, orang tua/wali murid, dan masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kompetensi kepribadian dan sosial guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Taman Kanak-Kanak (TK) Gugus Budi Mulya, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. Kompetensi kepribadian dan sosial merupakan aspek penting yang berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran serta hubungan interpersonal guru dengan anak, orang tua, dan lingkungan  sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumulan data menggunakan angket kepada 50 guru TK. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru berada pada presentase 93% dan kompetensi sosial 92%, keduanya termasuk kategori sangat baik. Penelitian ini menegaskan bahwa pengembangan kedua kompetensi tersebut sangat penting untuk meningkatkan profesionalisme guru dan kualitas pendidikan anak usia dini, sehingga tercipta lingkungan belajar yang mendukung perkembangan holistik anak.

Keywords

Kompetensi Guru; Kepribadian; Sosial; PAUD

Full Text:

PDF

References

Anas, M. (2020) Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI Menurut Az-Zarnuji. Jurnal Pendidikan Islam. 2(2), 35-57

Carmen, R. G., Olga, B. G., & Beatriz, M. (2022). Socio-Emotional Competence and Self-Efficacy of Future Secondary School Teachers. Education Sciences, 12(3). https://doi.org/10.3390/educsci12030161

Hasbi, M., Fakultas, A., Iain, T., Fatah, R., Malam, P. J. S., Taman, K., Talang, I., & Blok, K. (2012). Kompetensi Sosial Guru Dalam Pembelajaran Dan Pengembangannya. XVII(01), 61–67.

Husna,N (2024). Kompetensi Kepribadian Guru PAUD dalam Pembentukan Karakter Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Delima kota Bengkulu (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia 2007 . Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru.

Kusuma, A. D. I., & Daien, A. (2017). Pengantar ilmu pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 126.

Liu, Y., Zhao, L., & Su, Y. S. (2022). The Impact of Teacher Competence in Online Teaching on Perceived Online Learning Outcomes during the COVID-19 Outbreak: A Moderated-Mediation Model of Teacher Resilience and Age. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(10). https://doi.org/10.3390/ijerph19106282

Nuraeni, L., & Nurunnisa, R. (2020). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak Dalam. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(1), 6–15.

Hamzah, U., Nina Lamatenggo. Tugas Guru Dalam Pembelajaran Aspek Yang Mempengaruhi. 2022. Bumi Aksara, 209 Halaman.

Anas Sudijono. Pengantar Statistik Pendidikan. 2006

Rahma, A. M., Kania, A., Tarigan, F., Hidayat, R., Iqomah, R., Hidayat, Y., & Barat, J. (2022). Jurnal murabbi. Jurnal Murabbi, 1–11.

Sasmita, R., & Arqam, M. L. (2022). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Perpektif Muhammadiyah. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 21. https://doi.org/10.30659/jpai.5.1.21-31

Saondi, Ondi&Suherman, Aris (2019). Profesi Keguruan. Bandung: PT Remaja Rosadakarya

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta Bandung (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Sulaiman, U. (2021). Etika Profesi Keguruan, Cet. II. TAMU, F. H. U. (2021). Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(3), 156–162. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i3.323

Thalib, S. B., & Thalib, T. (2022). Kompetensi Sosial Guru TK/Paud dalam Pembelajaran dan Dampaknya pada Perkembangan Kepribadian Anak Usia Dini RITUAL APPASILI IN THE MARRIAGE PROCESSION OF MAKASSAR TRIBE View project THE OLDER ADULTS AND SENSE OF SMARTPHONE: ONE STEP TOWARDS TECHNOPHOBIA . November. https://www.researchgate.net/publication/365796209

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005.

Uslu, M., & Ozgun, T. (2023). Teachers ’ Multicultural Competence Perceptions . The Turkish Online Journal of Design Art and Communication TEACHERS ’ MULTICULTURAL COMPETENCE PERCEPTIONS. April.

Utami, D. R. F., Latiana, L., & Pranoto, Y. K. S. (2020). A Study on the Influence of Personality and Social Competencies on the Performance of Kindergarten Teachers Based on the Principal’s Assessment Article Info. Journal of Primary Education, 9(1), 92–98. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/36057

Yusuf,F.A., & Maliki, B.I. (2021). Perilaku organisasi.

Wahyuni, I. W., Raihana, R., Utami, D. T., Lubis, A. N., & Anriani, E. (2021). Kecerdasan Emosi dan Kompetensi Sosial Guru PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 172–178. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.105

Wisnaini, D., & Maulida, S. (2022). Kompetensi sosial pendidik dalam menerapkan komunikasi persuasif di PAUD harapan bunda purwosari pasuruan. Proceedings of The 6th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 129–136.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.