Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak 5-6 Tahun Melalui Media Kartu Angka
Abstract
Pengembangan kemampuan mengenal lambang bilangan menjadi hal krusial yang perlu dikembangkan untuk anak usia dini sebagai landasan dalam memahami konsep matematika pada jenjang pendidikan selanjutnya. Namun, masih terdapat sebagain anak usia dini yang belum menguasai kemampuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 5-6 tahun dengan pemanfaatan media kartu angka. Metode yang dipergunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) melalui subjek sebanyak 20 anak di kelompok B. Indikator yang digunakan meliputi kemampuan menyebutkan lambang bilangan 1-10, menggunakan lambang bilangan untuk berhitung, serta mencocokkan lambang bilangan dengan bilangan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga pertemuan di tiap siklus. Teknik pengumpulan data mencakup unjuk kerja, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif melalui triangualasi sumber. Hasil yang didapat menjelaskan terdapatnya peningkatan dari kemampuan mengenal lambang bilangan dari 25% pada pratindakan menjadi 55% di siklus I, serta menjadi 90% di siklus II, yang telah melampaui batas ketuntasan minimal sebesar 75%. Sehingga, media kartu angka terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 5-6 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Ayyubi, I. I., Noerzanah, F., Herlina, A., Halimah, S., & Sa’adah, S. (2024). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 83–90. https://doi.org/10.63018/jpi.v2i02.26
Apriliyanti, B. (2025). Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan dengenal Konsep Bilangan pada Anak Kelompok B di PAUD KB Al-Zaitun Cidadap Simpenan. Al-Banin: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 70–86.
Armella, R., & Rifdah, K. M. N. (2022). Kesulitan belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 1(2), 14–27. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/sijope.v2i1.5130
Azizah, A., & Fatamorgana, F. R. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Fransiska, G., & Khotimah, N. (2023). Pengaruh Media Kartu Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Kelompok a Di Tk Katolik Santa Theresia Kalijudan Surabaya. LENTERA: Journal of Gender and Children Studies, 3(1), 12–25. https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOFC
Harisman, A., Defrian, A., Orizal, B. O., Kurniawan, G., & Putra, A. (2023). Pendampingan Siswa yang Berkesulitan Belajar Matematika Di MTS Al-Muktariyah Pada Materi Pecahan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, 2(1), 1–7.
Indayani, D. (2020). Survey Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Pangkoh Hulu Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati, 16(2), 80–91.
Jannah, R. (2021). Peranan Media Kartu Angka Dalam Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 3-4 Tahun. In Makassar: Uin Alauudin (Vol. 3).
Lailan, A. (2023). Urgensi Media Pembelajaran Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(12), 5027–5034. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i12.1887
Masliyana, & Afandi, N. K. (2023). Implementasi Model High Scope dalam Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia Dini. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 20(1), 70–77. https://doi.org/10.17509/edukids.v20i2.57824
Mumayizah. (2019). Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Eksperimen di Taman Kanak-Kanak Kemala Sukarame Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Muthie, I., & Sugito, S. (2023). Pola Pendampingan Orang tua dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Selama Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 895–903. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2271
Nuraeni, S., Muqodas, I., & Wulandari, H. (2023). Penerapan Konsep Bilangan Untuk Anak Usia Dini Melalui Kegitan Market Day Menggunakan ‘Buy-Pay Money Card.’ Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 347–360. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.347-360
Rifmasari, Y., Zein, R., & Anggraini, V. (2022). The Effect Of Audio Visual Media On The Ability To Count Of Kindergarten. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2777–2784. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1665
Rupnidah, R., & Dadan, S. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6, 49–58.
Sari, A. M., & Linda, L. (2020). Sikap dan Respon Anak PAUD dalam Mengenal Metamorfosis Serangga melalui Media Animasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1083–1100. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.776
Scalise, N. R., Daubert, E. N., & Ramani, G. B. (2020). Benefits of Playing Numerical Card Games on Head Start Children’s Mathematical Skills. Journal of Experimental Education, 88(2), 200–220. https://doi.org/10.1080/00220973.2019.1581721
Tai, M. A., Meka, M., & Rawa, N. R. (2021). Pengembangan Media Kartu Angka Bergambar Untuk Melatih Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Citra Pendidikan, 1(2), 323–333. https://doi.org/10.38048/jcp.v1i2.266
Wahyuni, S., & Nasution, R. N. B. (2017). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di Kelompok B RA An-Nida. Jurnal Raudhah, 5(2), 1–19.
Yulistia, Munajat, A., & Elnawati. (2025). Upaya Meningkatkan Pemahamaan Konsep Bilangan Beserta Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kardus Modifikasi di TK Al Birru Arkan. Calakan: Jurnal Sastra, Bahasa Dan Budaya, 3(1), 38–45.Refbacks
- There are currently no refbacks.
1.png)








