MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LOKOMOTOR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN JUMPING GAMES
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lokomotor anak usia 5–6 tahun melalui kegiatan Jumping Games. Penelitian dilakukan di TK Surakarta dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 anak kelompok B, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, serta unjuk kerja, dengan indikator yang diamati meliputi kemampuan berjalan jinjit, melompat dan menumpu dengan dua kaki, serta berlari melewati rintangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan gerak dasar lokomotor anak setelah mengikuti kegiatan Jumping Games. Ketuntasan pra tindakan hanya mencapai 20%, meningkat menjadi 47% pada siklus I, dan mencapai 80% pada siklus II. Kegiatan Jumping Games, yang dirancang dalam berbagai pos permainan fisik, terbukti efektif dalam meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, dan koordinasi gerak anak. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan Jumping Games merupakan metode yang menyenangkan sekaligus efektif dalam menstimulasi perkembangan motorik kasar, khususnya gerak dasar lokomotor pada anak usia 5–6 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyi, A. R., & Susetyo, B. (2024). Model Permainan Halang Rintang untuk Meningkatkan Gerak Lokomotor Siswa Tunagrahita. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8121–8124. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4917
Aliriad, H., S, A., Saputro, D. P., Fahmi, D. A., & Waskito, S. Y. (2024). Memperkuat keterampilan motorik anak usia dini melalui pengalaman eksplorasi aktivitas di luar ruangan. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 3(2), 126–141. https://doi.org/10.54284/jopi.v3i2.363
Fajarwati, A., & Arini, I. (2023). Model Pembelajaran Berbasis Lokomotor dalam Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Education Research, 4(1), 317–324. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.162
Habibi Ar, M. W., Muhammad, H. N., & Wibowo, S. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Melalui Permainan Sirkuit “Rilo Ngale" pada Siswa Sekolah Dasar. Jendela Olahraga, 8(1), 149–161. https://doi.org/10.26877/jo.v8i1.14109
Hardika, N., & Fuzita, M. (2022). Pengembangan Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Berbasis Senam Ritmik. Jurnal Pendidikan Olahraga, 10(2), 263–272. https://doi.org/10.31571/jpo.v10i2.3295
Herniawati, A., Hidayat, Y., Ernasari, S., & Susanti, E. (2024). Analisis Penggunaan Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Mawar. JOECE: Journal of Early Childhood Education, 1(1), 30–43. https://doi.org/10.61580/joece.v1i1.35
Karyadi, A. C., & Jannah, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Dampu Bulan. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 53–56. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i1.181
Manik, M., Ray, D., Listia, W. N., & Simanjuntak, J. (2023). Analisis Keterampilan Motorik Kasar Pada Senam Irama di TK. Jurnal Education for All : Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 74. https://doi.org/10.24114/jefa.v9i2.44445
Maulida, M., Ananda, T. M., & Sadariah, S. (2024). Implementasi Permainan Tradisional Engklek Guna Melatih Keseimbangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Tk Negeri 004 Bunguran Timur. Research and Development Journal of Education, 10(1), 105. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i1.20612
Mu’mala, K. A., & Nadlifah, N. (2019). Optimalisasi Permainan Lompat Tali dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 57–68. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-06
Putri, O. M., Qalbi, Z., Delrefi, & Putera, R. febryan. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmialh Pesona PAUD, 8(1), 46–55.
Putri, S. G., Wijayanto, A., & Diana, R. R. (2023). Permainan Jump Hap sebagai media untuk Menstimulasi Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4451–4464. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3885
Rahayu, T. (2015). Pengaruh Latihan Koordinasi Mata-Kaki-Tangan Dan Tingkat Keseimbanganterhadap Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jpes, 4(2), 154–158. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes
Rejeki, H. S., & Gunawan, G. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penjaskesrek, 8(2), 218–232. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v8i2.1655
Riza, S., Desreza, N., Asnawati, Sudiyanto, H., Andrio, Osuke Komazawa, Ni Wayan Suriastini, Endra Dwi Mulyanto, Ika Yulia Wijayanti, Maliki, D. D. K., … Indrawati, L. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. BMC Public Health, 5(1), 1–11. Retrieved from https://doi.org/10.1186/s12889-021-12260-z%250Ahttps://doi.org/10.1186/s12889-022-13062-7%250Ahttps://doi.org/10.1016/j.cegh.2021.100907%250Ahttp://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jnursing%250Ahttps://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JKEP/article/view/355%25
Sakti Adji, B., & Wibowo, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Lokomotor Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Modifikasi Permainan Tic Tac Toe. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 11(2), 141–152.
Salwa, F., Rinakit, A. K., Dwi, W. M., & Cahya, M. E. (2022). Pengembangan Permainan Anove Sensory Path untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Lokomotor Anak Usia 4-5 Tahun. Journal Of Early Childhood Education And Research, 4(1), 29–43.
Saputra, W. (2021). Pendidikan Anak Dalam Keluarga. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i1.1609
Sholikan, K. F. A., & Sudijandoko, A. (2019). Pengaruh Olahraga Tradisional Sunda Manda (Engklek) Terhadap Motorik Kasar Gerak Lokomotor Melompat pada Anak Difabel Tunagrahita Ringan SLB Budhi Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga, 7(2), 219–224.
Sumiyati, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Melompat Anak Melalui Permainan Lompat Tali pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi 3 Karanganyar. Didaktika, 2(1), 103–111. https://doi.org/10.17509/didaktika.v2i1.52711
Tahir, M. Y., Rismayani, R., Sartika, I. D., & Hartika, A. S. (2019). Deteksi Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 39. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9225
Utami, R. D. (2024). Meningkatkan Kemampuan Gerak Lokomotor Melalui Permainan Ular Tangga di PAUD Al Ikhlas Padang Lawas. Annual Conference on Islamic …, 7(November 2023), 195–204.
Vanagosi, K. D. (2016). Konsep gerak dasar untuk anak usia dini. Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 1, 72–79.
Yaswinda, Bakhtia, S., Maulana, I., & Irsakinah. (2021). Eksploring Basic Movements of Early Childhood in Kindergarten. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 10(2), 149–157.Refbacks
- There are currently no refbacks.
1.png)








