MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN DECOUPAGE

Siti Nur Halizhah, Anjar Fitrianingtyas

Abstract

Kemampuan motorik halus merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini yang perlu dikembangkan melalui kegiatan menyenangkan dan bermakna. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5–6 tahun melalui kegiatan decoupage, yaitu seni menempelkan potongan kertas atau tisu bermotif pada objek tertentu dan dilapisi pernis agar tampak menyatu secara estetis. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas model Kemmis dan McTaggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas 20 anak, sedangkan data diperoleh melalui observasi, wawancara, penilaian unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan motorik halus dari kondisi awal 30% hingga mencapai 85% pada siklus akhir, melampaui target keberhasilan yang ditetapkan sebesar 75%. Dengan demikian, kegiatan decoupage terbukti efektif sebagai strategi pembelajaran yang mampu menstimulasi keterampilan motorik halus anak usia dini.

Keywords

keterampilan motorik halus; decoupage; anak usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF

References

Adyana, I. B. A., Pebiandini, C. S., & Pramana, I. B. K. Y. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan 3M (Melipat, Menggunting, Dan Menempel) Pada Anak Sekolah Dasar Kelas Awal. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 35-41.https://doi.org/10.25078/aw.v9i2.4271

Arfiah, A., Rusmayadi, R., & Mattemu, E. (2022). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Eksplorasi. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 82-89.

Arikunto, S., Suhardjono, S., & Supardi, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ariska, K. (2021). Pemanfaatan Bahan Bekas dengan Decoupage untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini pada Pembelajaran Online. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 189- 200. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12481

Dannor, N., Mujtaba, I., & Damayanti, A. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Art and Craft di KB TK Lab School Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta. SEMNASFIP.

Khadijah, & Amelia, N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Kostelnik, M. J., Soderman, A. K., & Whiren, A. P. (2017). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak : (Developmentally Appropriate Practices) (5th ed.). Depok: Kencana.

Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role of Parents in Improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69-74. https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.51

Lisa, M., Mustika, A., & Lathifah, N. S. (2020). Alat Permainan Edukasi (APE) Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Kesehatan, 11(1), 125-132. https://doi.org/10.26630/jk.v11i1.1584

Makhmudah, S., Anggraini, F. S., & FN, A. A. (2020). Perkembangan Motorik AUD. Jakarta: Guepedia.

Marwany, M., & Kurniawan, H. (2020). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muniro, J., & Rahman, A. (2023). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase dengan Menggunakan Media Kapas Di Sekolah Anuban Baan Suanmark School. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 7285–7296.https://jinnovative.org/index.php/Innovative

Ni’mah, F., & Maulidiyah, E. C. (2020). Pengembangan Buku Panduan Membatik Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini), 1(2), 123-146. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.2.123-146

Pangesti, N. P. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Busy Book (Penelitian Tindakan Kelas di TK Pelita 1 Mudal Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi Sarjana. Universitas Sebelas Maret.

Santika, R. T. (2018). Perbedaan Hasil Jadi Teknik Aplikasi Decoupage Menggunakan Kain Satin Sutra, Satin Acetat, dan Satin Polyester pada Busana Pesta Anak. Jurnal Tata Busana, 7(2), 64-70.

Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Press.

Strooband, K. F. B., Rosnay, M. De, Okely, A. D., & Veldman, S. L. C. (2020). Systematic Review and Meta-Analyses: Motor Skill Interventions to Improve Fine Motor Development in Children Aged Birth to 6 Years. Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics, 41(4), 319-331. https://doi.org/10.1097/DBP.0000000000000779

Sukamti, E. R. (2018). Perkembangan Motorik. Yogyakarta: UNY Press.

Sukardi, S. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumanto. (2015). Pengembangan kreativitas seni rupa anak TK. Depdiknas.

Supiah, I. (2018). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Menggunakan Media Desoupage Pada Anak Kelompok B RA Raudhatul Mahabbah Dolok Masihul Serdang Bedagai. Skripsi Sarjana. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Susanto, A. (2015). Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media.

Wulansari, R., Andriani, J., Maswarni, M., Sabina, F., & Oktavianti, N. (2021). Pelatihan Decoupage Untuk Mengembangkan Kreativitas Dan Meningkatkan Pendapatan Warga Benda Barupamulang Di Masa Pandemi. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 80. https://doi.org/10.32493/abmas.v2i2.p80-90.y2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.