PENGARUH PEMBIASAAN KEGIATAN TPS 3R TERHADAP KEPEDULIAN ANAK KEPADA LINGKUNGAN

Hamka Firmansyah, Anayanti Rahmawati, Anjar Fitrianingtyas

Abstract

Kepedulian terhadap lingkungan merupakan aspek fundamental dalam pembentukan karakter anak sejak usia dini. Anak usia 4–6 tahun berada pada masa perkembangan emas yang ideal untuk menanamkan nilai-nilai dasar seperti tanggung jawab, kebersihan, dan kepedulian sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan TPS 3R (Reduce, Reuse, Recycle) terhadap kepedulian lingkungan anak usia dini. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 24 anak usia 4–6 tahun di TK IT MTA Nurul Iman. Data dikumpulkan melalui observasi menggunakan instrumen pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan uji paired sample t-test menggunakan SPSS 29 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor kepedulian dari 2,124 menjadi 2,989 setelah perlakuan. Uji statistik menghasilkan nilai signifikansi sebesar p = 0,0042, yang menunjukkan peningkatan tersebut sangat signifikan secara statistik. Temuan ini membuktikan bahwa kegiatan TPS 3R memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan kepedulian lingkungan pada anak usia dini. Oleh karena itu, kegiatan TPS 3R direkomendasikan untuk diimplementasikan secara berkelanjutan dalam pendidikan anak usia dini guna membentuk karakter peduli lingkungan sejak usia dini.

Keywords

TPS 3R; Kepedulian Lingkungan; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References

Alfian, E. Fatimah, dan Suhendrayatna. (2019). “Tingkat Kepentingan Dan Kepuasan Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah Berbasis 3R Di Provinsi Aceh.” Jurnal Arsip Rekayasa Sipil Dan Perencanaan 2(1):38–47. doi: 10.24815/jarsp.v2i1.13213.

Alwi, Asrul, Nurjannah Nonci, and Erfina Erfina. (2021). “Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Partisipasi Masyarakat Desa Sereang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang.” JIA: Jurnal Ilmiah Administrasi 9(1):1–6. doi: 10.55678/jia.v9i1.382.

Arbi, Ramadana, Meinarini Catur Utami, and Qurrotul Aini. (2021). “Pemanfaatan Fuzzy Logic Dan Hill Climbing Untuk Optimasi Pengelolaan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) Pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 8(6):1195. doi: 10.25126/jtiik.2021863544.

Augustinus Robin Butarbutar. (2024). “Kesehatan Lingkungan: Tantangan Dan Solusi Di Era Modern.”

Azis, H. S. (2024). “Teori Pengkondisian Klasik Ivan Pavlov Dalam Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha 14(2):507–14.

Aziz, Rizki, Yommi Dewilda, Hafizhul Khair, and Mikel Faklin. (2020). “Pengembangan Sistem Pengelolaan Sampah Kawasan Wisata Pantai Kota Pariaman Dengan Pendekatan Reduce-Reuse-Recycle.” Jurnal Serambi Engineering 5(3):1188–94. doi: 10.32672/jse.v5i3.2141.

Azka, A. (2023). “Strategi Guru Dalam Pembelajaran Lingkungan Hidup Anak Di Sekolah Alam Indonesia Cipedak.” Universitas Islam Negeri Jakarta.

Biber, Kazlm, Hülya Cankorur, Rabia Sultan Güler, and Ecenur Demir. (2023). “Investigation of Environmental Awareness and Attitudes of Children Attending Nature Centred Private Kindergartens and Public Kindergartens.” Australian Journal of Environmental Education 39(1):4–16. doi: 10.1017/aee.2022.1.

Chan, Faizal, Agung Rimba Kurniawan, Amalia Oktavia, Levy Citra Dewi, Arum Sari, Aisyah Putri Khairadi, and Sulgi Piolita. (2019). “Gerakan Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(2):190. doi: 10.25078/aw.v4i2.1126.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ngawi. (2023). “TPS 3R Solusi Kurangi Sampah Masuk TPA. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ngawi.”

Dominguez Contreras, Elena, and Marianne E. Krasny. (2022). “Young Children Contribute to Nature Stewardship.” Frontiers in Psychology 13(September):1–7. doi: 10.3389/fpsyg.2022.945797.

Enggara, Randu, Zul Bahrum, and Dadang Suherman. (2019). “Kajian Mekanisme Penyebaran Sampah Di Kawasan Pantai Pariwisata Kota Bengkulu Sebagai Penyebab Degradasi Nilai-Nilai Ekowisata.” Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan 8(2):39–48. doi: 10.31186/naturalis.8.2.9208.

Harjanti, Intan Muning, and Pratamaningtyas Anggraini. (2020). “Pengelolaan Sampah Di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang, Kota Semarang.” Jurnal Planologi 17(2):185. doi: 10.30659/jpsa.v17i2.9943.

Hasanah, Uswatun, and Nur Fajri. (2022). “Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.” EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini 2(2):116–26. doi: 10.51878/edukids.v2i2.1775.

Hosany, A. R. Shahee., Sameer Hosany, and Hongwei He. (2022). “Children Sustainable Behaviour: A Review and Research Agenda.” Journal of Business Research 147(April):236–57. doi: 10.1016/j.jbusres.2022.04.008.

Indonesia. 2020. “Undang Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja.” Peraturan.Bpk.Go.Id (052692):1–1187.

Islam, Fahrul. (2021). Dasar-Dasar Kesehatan Lingkungan. Yayasan Kita Menulis.

Ismail, M. Jen. (2021). “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah.” Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4(1):59–68. doi: 10.31970/gurutua.v4i1.67.

Kalisz, Szymon, Katarzyna Kibort, Joanna Mioduska, Marek Lieder, and Aleksandra Małachowska. (2022). “Waste Management in the Mining Industry of Metals Ores, Coal, Oil and Natural Gas - A Review.” Journal of Environmental Management.

Kemendikbud. 2024. “Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.” Permendikbud Ristek Nomor 12 Tahun 2024 1–26.

Kemendikdasmen. 2025. “Permendikdasmen No 13 Tahun 2025.” Kemendikdasmen 13.

Kurnia, I. (2023). “Kebijakan Pembangunan Dan Pengelolaan TPS 3R Di Indonesia.” Kementrian PUPR 1–27.

Manunggalijaya. (2023). “Peran Pendidikan Dalam Membangun Kesadaran Dan Tanggung Jawab Individu Terhadap Keamanan Lingkungan.” Retrieved (https://manunggaljaya-tenggarongseberang.desa.id/peran-pendidikan-dalam-membangun-kesadaran-dan-tanggung-jawab-individu-terhadap-keamanan-lingkungan/).

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. “Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.” 112.

Mujahid, Fikri Al. (2024). “Pengaruh Lingkungan Masyarakat Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak Di Desa Sihapas Hapas Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara.”

Nainggolan, Asnita, Anggiat Sinurat, Tioner Purba, Ease Arent, and Rima Meilitasari. (2023). “Peran Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Sosial Dalam Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik.” Journal on Education 5(4):13166–71. doi: 10.31004/joe.v5i4.2317.

Ogiemwonyi, Osarodion, Mohammad Nurul Alam, Rashed Alshareef, Majed Alsolamy, Noor Azlinna Azizan, and Norazuwa Mat. (2023). “Environmental Factors Affecting Green Purchase Behaviors of the Consumers: Mediating Role of Environmental Attitude.” Cleaner Environmental Systems 10(April):100130. doi: 10.1016/j.cesys.2023.100130.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 27. 2020. “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Sampah Spesifik.” Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 27 Tentang Pengelolaan Sampah Spesifik 4(039247):39247–67.

Pratama, Albiyan P., John H. Frans, and Sudiyo Utomo. (2019). “Optimalisasi Rute Pengangkutan Sampah Berbasis Sistem Informasi Geografis Di Kupang.” Jurnal Teknik Sipil 8(1):1–14.

Putri, Suci Utami, and Abdurrohman Ahmad Taqiudin. (2021). “Steam-PBL: Strategi Pengembangan Kemampuan Memecahkan Masalah Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(2):856–67. doi: 10.31004/obsesi.v6i2.1270.

Rahmania, T. (2024). “Exploring School Environmental Psychology in Children and Adolescents: The Influence of Environmental and Psychosocial Factors on Sustainable Behavior in Indonesia.” Heliyon 10(18):e37881. doi: 10.1016/j.heliyon.2024.e37881.

Risqi, V. (2023). “Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Steam Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun.” 5(3):258–64.

Sharma, Sneha. (2023). “GEOGRAPHIES OF EXCLUSION: Reproducing Dispossession and Erasure within a Waste Picker Organization in Mumbai.” International Journal of Urban and Regional Research 47(5):861–75. doi: 10.1111/1468-2427.13204.

Shofi, Nur Cholis, Shinfi Wazna Auvaria, Sulistiya Nengse, and Abdillah Akmal Karami. (2023). “Analisis Aspek Teknis Pengelolaan Sampah Di TPS 3R Desa Janti Kecamatan Waru Sidoarjo.” Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan 8(1):1–8. doi: 10.29244/jsil.8.1.1-8.

SIPSN. 2022. “Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN).”

Sokratidou, Ariadni, Christos Roumpos, Nikolaos Paraskevis, Aikaterini Servou, and Francis Pavloudakis. (2023). “Extractive Waste Management in Coal Surface Mining Projects—A Circular Economy Approach.” 13. doi: 10.3390/materproc2023015013.

Sudrajat, Agus Sarwo Edy, Ricky Bagus Santoso, and Hendrianto Sundaro. (2023). “Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan TPS 3R.” Jurnal Kajian Ruang 3(1):27–40.

Wulandari, C. (2019). “Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SD 1 Sewon. Prosiding Seminar Nasional PGSD 2019.” 1 April:85–96.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.