ANALISIS PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN

Agnes Dhear Nur Cahyani, Anayanti Rahmawati, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract

Perilaku prososial merupakan tindakan sukarela yang dilakukan untuk memberikan manfaat dan keuntungan bagi orang yang membutuhkan baik berupa fisik, materi, maupun psikologis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei yang bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran perkembangan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di PAUD ABA Nurul Hidayah Program Khusus Surakarta. Data dikumpulkan melalui hasil pengamatan pada kegiatan belajar dan bermain, kuesioner perilaku prososial anak usia 5-6 tahun yang diisi oleh guru kelas, dan wawancara dengan guru kelas. Dilakukan uji validitas menggunakan metode korelasi pearson dan konsultasi kepada expert judgement terhadap kuesioner tersebut. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan memaparkan hasil skor persentase dari ke lima aspek perilaku prososial dengan rincian sebagai berikut : berbagi (83%), menolong (79%), kerjasama (86%), berderma (81%), dan kejujuran (88%). Kesimpulan pada penelitian ini adalah perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di PAUD ABA Nurul Hidayah Program Khusus Surakarta termasuk ke dalam kriteria Berkembang Sangat Baik. Adapun faktor yang mempengaruhi perilaku prososialnya yaitu sifat bawaan dan suasana hati anak, pola asuh, dan lingkungan sekolah. Sedangkan untuk kendala yang dihadapi oleh guru diantaranya sifat egosentris dan karakter anak, suasana hati yang berubah sewaktu-waktu, dan kontribusi orangtua.

Keywords

anak usia dini, perilaku prososial

Full Text:

PDF

References

Annisa, D., & Djamas, N. (2020). Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5 – 6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Babintingan. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 42. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.592

Effendi, R. A. H., Mangkuwibawa, H., & Ratnasih, T. (2020). Analisis Perkembangan Perilaku Proposial Anak Dengan Metode Bermain Peran. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 88–98. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.7473

Hasenfratz, L., & Knafo, A. (2015). Prosocial Behavior, Effects of Parenting and Family Structure on. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition (Second Edi, Vol. 19). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.23217-0

Jannah Ar, M., Rusmayadi, R., & Asti, A. S. (2024). Penerapan Perilaku Prososial Terhadap Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Doa Ibu. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 3759–3763. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12763

Kamil, M. A., & Primanita, R. Y. (2024). Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Perilaku Prososial Pada Siswa Sekolah Menengah AtasNegeri 1 Lubuk Basung. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(2), 35–40. https://doi.org/https://doi.org/10.33627/es.v7i2.2426

Kinasih, I. S., & Barus, G. (2024). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Demokratis terhadap Perilaku Sosial Anak Generasi Z Universitas Sanata Dharma , Indonesia perjalanan hidupnya . Generasi Z merupakan individu yang lahir pada tahun 1997 sampai. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(4), 110–123. https://doi.org/https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i4.1224

Maulidda, A., & Marlina, S. (2023). Efektivitas Permainan Galah Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 531–541. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.531-541

Novrianti, D., Astuti, M., & Oktamarina, L. (2024). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Pada Kelompok B Di RA Tarbiyah Islamiyah Limbang Jaya Tanjung Batu Ogan Ilir. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 9038–9047. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8948

Phuong Thuy, H. T. (2020). John Locke’s Educational Ideology with Educational Innovation in Vietnam Today. Journal of Advances in Education and Philosophy, 4(9), 381–386. https://doi.org/10.36348/jaep.2020.v04i09.001

Rahmah, S., Fadillah, & Syukri, M. (2015). Melalui Metode Sosiodrama Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(3), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/jppk.v4i3.9254

Rahmawati, A. N., & Fithri, R. (2020). Religious Attitude dengan Perilaku Prososial pada Relawan PMI Kota Surabaya. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 5(2), 171–183. https://doi.org/10.33367/psi.v5i2.1136

Saharani, S., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2021). Perkembangan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun di tk mardi putra 01 kota batu. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD), 2(1), 19–30. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.1.19-30

Sari, M., Rachman, H., Juli Astuti, N., Win Afgani, M., & Abdullah Siroj, R. (2022). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 10–16. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1953

Sari, P. P., Gutji, N., & Sekonda, F. A. (2023). Pengaruh pola asuh otoriter orang tua terhadap perilaku prososial siswa di SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Journal on Education, 06(01), 5887–5898. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3791

Sundari, A. R., Herdajani, F., Susilarini, T., & Psikologi, P. S. (2025). Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Perilaku Prososial Mahasiswa Fakultas Psikologi UPI YAI Jakarta. Jurnal Psikologi, 23(1), 40–50. https://doi.org/https://doi.org/10.37817/jurnalcontiguity.v20i3

Tri, F. L. (2016). PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN LOKALISASI GUYANGAN (Studi Kasus pada Anak Usia 5-6 Tahun). Jurnal PGPAUD TRUNOJOYO, 3(1), 1–75. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i1.3482

Trimuliana, I. (2021). Kenali Karakteristik Khas Anak Usia Dini. PAUDPEDIA. https://paudpedia.kemendikdasmen.go.id/komunitas-pembelajar/orang-tua-berbagi/kenali-karakteristik-khas-anak-usia-dini?ref=MjAyMTAyMTYwNTA4MDQtMzcxYTU5MmM=&ix=My1jMzJlNmI1OQ==

Ubaida, Z., & Avezahra, M. H. (2023). Literature Review Perilaku Prososial: Faktor Pengaruh, Manfaat, dan Penelitian Perilaku Prososial di Indonesia. Flourishing Journal, 3(6), 227–234. https://doi.org/10.17977/um070v3i62023p227-234

Umuri, S. A., Rahmawati, A., & Sholeha, V. (2021). Analisis Perkembangan Self-help Skills Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 137–143. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.44170

Zuhra, I. (2023). ANALISIS UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK DI TK SAVE THE KIDS BANDA ACEH [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRYBANDA ACEH]. In FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRYBANDA ACEH. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31082/

Zulfitri, S. (2022). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK TK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN LABUHAN RATU [Universitas Lampung]. https://digilib.unila.ac.id/66240/2/3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.