MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT

Margaretha Jessica Winda Setiawan, Anayanti Rahmawati, Vera Sholeha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kerja sama kelompok B di TK Kristen Kerten Surakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah anak kelas B TK Kristen Kerten yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 10 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament dapat meningkatkan kemampuan kerja sama. dibuktikan bahwa peningkatan presentase ketuntasan kemampuan kerja sama pada pratindakan dari total populasi sebanyak 4 anak atau 20%, kemudian pada siklus I dari total populasi yaitu 10 anak atau 50%, dan pada siklus II dari total populasi yaitu sebanyak 19 anak atau 95%.

Keywords

Pembelajaran Kooperatif; Team Game Tournament; Kelompok B

Full Text:

PDF

References

Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65. repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107M1.pdf.

Braddock, J. H., & Slavin, R. E. (1992). Why ability grouping must end: Achieving excellence and equity in American education.

Hijriati. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ar Raniry, 3(1), 74–92.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajan Kelompok. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok, 1, 16–68.

Johnson, D.W., dan Johnson, Roger, T. 2004. The New Circle of Learning. Alexandria.Virginia

Khasanah, F. uswatun. (2017). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Team Games Tournament Di Taman Kanak-Kanak Improvement of Cooperation Skills With Team Games Tournament in Kindergarten. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 357–364.

Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas, 2(1), 47–58. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301

Luh Putu Mas Sutaryani, Subawa, P., & Suparya, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Kotak Pos Geometri Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Kelompok B2 Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 Di TK Sathya Sai Kumara Singaraja. Nawa Sena: Jurnal PGPAUD, 1(2), 41–50.

Nasution, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Penerapan Model Kooperatif Pada Anak Di Ra Islamiyah Tanjung Morawa.

Prabandari, I. R., & Fidesrinur, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 96. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.572

Rahman, M. H., & Kencana, R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Musamus Journal of Primary Education, 2(2), 67–75. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.2177

Rochmawati, I., Sutarto, J., & Anni, C. T. (2017). Pengembangan Model Cooperative Learning Melalui Chained Games untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Primary Education, 6(2), 147–158. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/17568

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). metode penelitian.

Copple, C. & Bredekamp, S. (2006). Basics of developmentally appropriate practice: an introduction for teachers of children 3 to 6. USA: National Association for the Education of Young Children.

Gettman, D. (2016). Metode pengajaran montessori tingkat dasar aktivitas belajar untuk anak balita. Terj. Annisa Nuriowandari. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Segal, M., Bardige, B., Bardige, M.K., Breffni, L., & Woika, M.J. (2012). All about child care and early education: a comprehensive resource for child care professionals. New Jersey: PEARSON Education, Inc.

Winegal, I., Sudarsini., Adi, E. P. (2018). The effect of practical life activity towards the improvement of an autistic child’s fine motor skill. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, Vol.5 No. 1, Juli, 2018, 67-71. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.