PENERAPAN PEMBELAJARAN SENTRA DI TK TUNAS RIMBA 1 SAMARINDA
Abstract
TK Tunas Rimba 1 Samarinda menerapkan model pembelajaran sentra sebagai strategi dalam menghadapi tantangan pembelajaran yang berfokus pada anak. Meskipun demikian, model pembelajaran tersebut masih terus dipertahankan hingga saat ini. Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk mengkaji permasalahan ini dengan tujuan untuk menelaah kesesuaian penerapan pembelajaran sentra yang digunakan dengan teori pembelajaran sentra yang berlaku. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang sumber datanya didapatkan dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran sentra yang terdiri dari sentra imtaq, sentra seni dan main peran, serta sentra persiapan sudah terlaksana sesuai dengan teori pembelajaran sentra. Dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar sesuai minat dan potensinya. Namun masih terdapat kendala, diantaranya keterbatasan sarana dan bahan ajar dibeberapa sentra. pengelolaan waktu dan pembagian kelompok masih belum maksimal, serta perbedaan tingkat pemahaman kesiapan guru dalam menerapkan pembelajaran sentra secara konsisten. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran sentra telah terlaksana dengan cukup baik meskipun masih menghadapi beberapa kendala. Namun demikian, proses pembelajaran tetap berjalan efektif berkat kreativitas guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman Penerapan Pendekatan “Beyond Centers and Circle Time (BCCT)” (Pendekatan Sentra Dan Lingkaran) dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Fatimah, D. S., Ali, M., & Yuniarni, D. Penerapan Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers And Circle Time) di Tkit Al-Mumtaz Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(1).https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/38429
Hijriyani, Y. S. (2018). Efektifitas penggunaan sentra imtaq dalam pembelajaran sirah nabawiyah bagi anak usia dini. In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) (Vol. 3, pp. 47-60). https://conference.uinsuka.ac.id/index.php/aciece/article/view/84
Kadarharutami, A. (2011). Sukses mengasuh anak usia 3–6 tahun. https://core.ac.uk/download/pdf/227142855.pdf
Kasali, R. (2019). Sentra: Inspiring School: Membangun Keceradasan dan Kemampuan Anak Sejak Usia Dini Demi Masa Depan Yang Cemerlang. http://elibrary.smapjbintaro.sch.id/index.php?p=show_detail&id=380&keywords=
Kasiati, K., Al-jufry, L., Daisiu, K. F., Wara, L. W., & Priyanti, N. (2022). Model Pembelajaran Sentra Pada Anak Usia Dini. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 169-174. https://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/80
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). ANALISIS Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/441
Lailan, A. (2017). Model pembelajaran sentra pendidikan anak usia dini. An-Nahdhah| Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 10(2), 191-202. https://jurnal.iaidukandangan.ac.id/index.php/annahdhah/article/view/52
Latif, M. A. (2019). Implementasi model pembelajaran sentra di TK Amal Insani Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 25-34. https://www.academia.edu/download/65649295/fatmawati.pdf
Makkawaru, M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi kehidupan dan pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 116-119. http://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/87
Novia, A. P., & Mahyuddin, N. (2020). Pembelajaran Sentra dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1247-1255. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/591
Putri, M. S. (2023). Model Pembelajaran Sentra dalam Pendidikan Anak Usia Dini. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3793-3797. http://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/2093
Saputra, A. (2018). Pendidikan anak pada usia dini. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192-209.https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Saputra%2C+A.+%282018%29.+Pendidikan+anak+pada+usia+dini.+At-Ta%27dib%3A+Jurnal+Ilmiah+Prodi+Pendidikan+Agama+Islam%2C+192-209.&btnG=
Saputri, O. G., & Saputri, D. I. (2021). Bagaimana Peran Guru Kelas Dan Guru Sentra dalam Pembelajaran Anak di Kb Bina Buah Hati Bantul. Optimalisasi Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini), 76. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=YTk1EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA76&dq=peran+guru+dalam+pembelajaran+sentra&ots=jLoIRBbGYi&sig=wywh_5Bi78fn5M7dphlt4APdR3M
Shofiani, R., & Faradisa, F. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Agama dengan Pendekatan BCCT dalam Membentuk Moralitas di Tk Negeri Pembina Pekalongan. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 161-172. https://journal.ipmafa.ac.id/index.php/tintaemas/article/view/1130
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Syamsuardi, S., & Hajerah, H. (2018). Penggunaan model pembelajaran pada taman kanak-kanak kota Makassar. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 5(2), 1-7.https://eprints.unm.ac.id/21391/
Ulfa, M. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Persiapan dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini di TK Amal Insani Yogyakarta. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 70-84. http://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/albanna/article/view/2064Refbacks
- There are currently no refbacks.