MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI TARI KREASI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalina, S. A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Tari Melalui Tari Kreasi Anak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Aulia Pontianak Barat Tahun Ajaran 2019/2020. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.24260/albanna.v2i1.2045
Delia, A. S., & Yeni, I. (2020). Rancangan Tari Kreasi terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1071–1079. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.570
Dewi, J. K. (2020). Gerak Dasar Tari Untuk Anak Usia Dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 115. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2017
Eko Yuliyanti, Ratna Wahyu Pusari, & Nila Kusumaningtyas. (2023). Analisis Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Kelompok B Melalui Kegiatan Tari Kreasi Di TK PGRI 04 Kartini Semarang. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(1), 252–264. https://doi.org/10.58192/populer.v2i1.653
Mayelza, N., & Mansyur, H. (2024). Analisis Gerak Tari Sekapur Sirih Sebagai Tari Kreasi Berbasis Tradisi. Misterius : Publikasi Ilmu Seni Dan Desain Komunikasi Visual., 1(2), 35–45. https://doi.org/10.62383/misterius.v1i2.117
Mohamed, K. T. (2022). Effect Of A Movement Education Program On The Level Of Bodily-Kinesthetic Intelligence Of Preschool Children (5-6 Age). Adv Health Exerc, 2(1), 13–20. https://www.turkishkinesiology.com/index.php/ahe/article/view/16
Muhajarah, K. (2022). Beragam Teori Kecerdasan, Proses Berpikir dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 116–127. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.442
Nasem, Iskandar, Y. Z., & Kusmiati, E. (2022). Meningkatkan Koordinasi Gerak Tangan Anak Usia 5-6 Tahun pada Tari Sunda melalui Aplikasi TikTok di PAUD Permata Hati. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1919–1927. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.654
Nur’afifah, D., Kurniawati, L., & Gustiana, A. D. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Tari Kijang. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16(1), 24–33. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i1.20730
Nurhayati, S., Akbar, S., & Kuswandi, D. (2023). Ekstrakurikuler Tari Kreasi Baru untuk Menumbuhkan Kecerdasan Kinestetik dan Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7308–7320. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.3741
Nursiti, D., Hamid, L., & Nurhidayah, N. (2020). Efektivitas Metode Gerak Dan Lagu Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia Dini. Al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman Dan Pendidikan, 1(2), 27–44. https://doi.org/10.62285/alurwatulwutsqo.v1i2.12
Oktanira, I. (2023). Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia Dini Rentang Usia 5-6 Tahun. AL-HANIF: Jurnal Pendidikan Anak Dan Parenting, 3(1), 20–25. https://doi.org/10.30596/al-hanif.v3i1.15053
Payne, H., & Costas, B. (2021). Creative Dance as Experiential Learning in State Primary Education: The Potential Benefits for Children. Journal of Experiential Education, 44(3), 277–292. https://doi.org/10.1177/1053825920968587
Rofiqoh, A., & Rasidi, R. (2021). Kemampuan Olahraga Dan Aktivitas Ekstrakulikuler Pasukan Baris Berbaris Dengan Kecerdasan Kinestetik. Borobudur Educational Review, 1(01), 13–21. https://doi.org/10.31603/bedr.4791
Sahertian, C. (2021). Teknik Merancang Penelitian Tindakan Kelas (1st ed.). Literasi Nusantara.
Sari Dewi, L., Sujiwo, & Nendra Pratama, U. (2023). Metode Pembelajaran Tari Kreasi pada Kelas Anak Usia Dini di Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta. IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, 17(1), 164–173. https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA
Susanti, A., & Jumiatin, D. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Tarian Tradisional Pada Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(2), 189. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10254
Syafi’, I., & Ilmayanti, A. F. F. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Pada Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Tari Kelompok B di TK Hasyim Asyari Surabaya. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 44–51. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/iek.v3i1.3444
Tahira, A., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Tari Kreasi. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 9(2), 21–30. https://doi.org/10.32534/jjb.v9i2.2731
Tao, D., Gao, Y., Cole, A., Baker, J. S., Gu, Y., Supriya, R., Tong, T. K., Hu, Q., & Awan-Scully, R. (2022). The Physiological and Psychological Benefits of Dance and its Effects on Children and Adolescents: A Systematic Review. Frontiers in Physiology, 13. https://doi.org/10.3389/fphys.2022.925958
Tiansoodeenon, M., & Sitthitikul, P. (2022). Effects of Multiple Intelligences-based Instruction on English Achievement and Learner Autonomy of Thai Tertiary Students. The Journal of AsiaTEFL, 19(4), 1250–1266. https://doi.org/10.18823/asiatefl.2022.19.4.7.1250
Ulfa, R. L. (2022). The Role of Educators in Efforts to Improve the Kinesthetic Intelligence of Early Childhood: A Literature Review. Proceeding of International Conference on Education, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.30631/picon.v1i.39
Wiranata, I. G. L. A. (2022). Penerapan Tari Bali Untuk Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 154–161. https://doi.org/10.33369/jip.7.2.154-161
Wulandari, A. (2018). Implementasi Tari Kreasi Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak di TK Rama Landbaw Gisting Tanggaus Tahun 2018/2019 [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. https://repository.radenintan.ac.id/7055/1/skripsi.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.