MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI TARI KREASI

Abdillah Nur Azizah, Upik Elok Endang Rasmani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui tari kreasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu anak usia 5-6 tahun di TK daerah Gemolong yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif, terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada indikator koordinasi tubuh, dari 35% menjadi 65% pada siklus I, lalu pada siklus II meningkat menjadi 75%, meningkat pada siklus III sebesar 95%. Indikator keseimbangan tubuh dari 35% menjadi 60% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 90% pada siklus II, dan meningkat sebesar 95% pada siklus III. Indikator kelenturan tubuh dari 25% menjadi 30% pada siklus I, kemudian meningkat sebesr 45% pada siklus II dan meningkat sebesar 80% pada siklus III. Indikator kecepatan dan ketangkasan gerak dari 25% menjadi 45% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 75% pada siklus II, dan meningkat sebesar 85% pada siklus III. Dapat disimpulkan bahwa melalui tari kreasi dapat meningkatan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun.

Keywords

Kecerdasan Kinestetik; Anak Usia 5-6 Tahun; Tari Kreasi

Full Text:

PDF

References

Amalina, S. A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Tari Melalui Tari Kreasi Anak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Aulia Pontianak Barat Tahun Ajaran 2019/2020. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.24260/albanna.v2i1.2045

Delia, A. S., & Yeni, I. (2020). Rancangan Tari Kreasi terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1071–1079. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.570

Dewi, J. K. (2020). Gerak Dasar Tari Untuk Anak Usia Dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 115. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2017

Eko Yuliyanti, Ratna Wahyu Pusari, & Nila Kusumaningtyas. (2023). Analisis Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Kelompok B Melalui Kegiatan Tari Kreasi Di TK PGRI 04 Kartini Semarang. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(1), 252–264. https://doi.org/10.58192/populer.v2i1.653

Mayelza, N., & Mansyur, H. (2024). Analisis Gerak Tari Sekapur Sirih Sebagai Tari Kreasi Berbasis Tradisi. Misterius : Publikasi Ilmu Seni Dan Desain Komunikasi Visual., 1(2), 35–45. https://doi.org/10.62383/misterius.v1i2.117

Mohamed, K. T. (2022). Effect Of A Movement Education Program On The Level Of Bodily-Kinesthetic Intelligence Of Preschool Children (5-6 Age). Adv Health Exerc, 2(1), 13–20. https://www.turkishkinesiology.com/index.php/ahe/article/view/16

Muhajarah, K. (2022). Beragam Teori Kecerdasan, Proses Berpikir dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 116–127. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.442

Nasem, Iskandar, Y. Z., & Kusmiati, E. (2022). Meningkatkan Koordinasi Gerak Tangan Anak Usia 5-6 Tahun pada Tari Sunda melalui Aplikasi TikTok di PAUD Permata Hati. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1919–1927. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.654

Nur’afifah, D., Kurniawati, L., & Gustiana, A. D. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Tari Kijang. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16(1), 24–33. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i1.20730

Nurhayati, S., Akbar, S., & Kuswandi, D. (2023). Ekstrakurikuler Tari Kreasi Baru untuk Menumbuhkan Kecerdasan Kinestetik dan Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7308–7320. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.3741

Nursiti, D., Hamid, L., & Nurhidayah, N. (2020). Efektivitas Metode Gerak Dan Lagu Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia Dini. Al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman Dan Pendidikan, 1(2), 27–44. https://doi.org/10.62285/alurwatulwutsqo.v1i2.12

Oktanira, I. (2023). Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia Dini Rentang Usia 5-6 Tahun. AL-HANIF: Jurnal Pendidikan Anak Dan Parenting, 3(1), 20–25. https://doi.org/10.30596/al-hanif.v3i1.15053

Payne, H., & Costas, B. (2021). Creative Dance as Experiential Learning in State Primary Education: The Potential Benefits for Children. Journal of Experiential Education, 44(3), 277–292. https://doi.org/10.1177/1053825920968587

Rofiqoh, A., & Rasidi, R. (2021). Kemampuan Olahraga Dan Aktivitas Ekstrakulikuler Pasukan Baris Berbaris Dengan Kecerdasan Kinestetik. Borobudur Educational Review, 1(01), 13–21. https://doi.org/10.31603/bedr.4791

Sahertian, C. (2021). Teknik Merancang Penelitian Tindakan Kelas (1st ed.). Literasi Nusantara.

Sari Dewi, L., Sujiwo, & Nendra Pratama, U. (2023). Metode Pembelajaran Tari Kreasi pada Kelas Anak Usia Dini di Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta. IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, 17(1), 164–173. https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA

Susanti, A., & Jumiatin, D. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Tarian Tradisional Pada Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(2), 189. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10254

Syafi’, I., & Ilmayanti, A. F. F. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Pada Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Tari Kelompok B di TK Hasyim Asyari Surabaya. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 44–51. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/iek.v3i1.3444

Tahira, A., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Tari Kreasi. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 9(2), 21–30. https://doi.org/10.32534/jjb.v9i2.2731

Tao, D., Gao, Y., Cole, A., Baker, J. S., Gu, Y., Supriya, R., Tong, T. K., Hu, Q., & Awan-Scully, R. (2022). The Physiological and Psychological Benefits of Dance and its Effects on Children and Adolescents: A Systematic Review. Frontiers in Physiology, 13. https://doi.org/10.3389/fphys.2022.925958

Tiansoodeenon, M., & Sitthitikul, P. (2022). Effects of Multiple Intelligences-based Instruction on English Achievement and Learner Autonomy of Thai Tertiary Students. The Journal of AsiaTEFL, 19(4), 1250–1266. https://doi.org/10.18823/asiatefl.2022.19.4.7.1250

Ulfa, R. L. (2022). The Role of Educators in Efforts to Improve the Kinesthetic Intelligence of Early Childhood: A Literature Review. Proceeding of International Conference on Education, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.30631/picon.v1i.39

Wiranata, I. G. L. A. (2022). Penerapan Tari Bali Untuk Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 154–161. https://doi.org/10.33369/jip.7.2.154-161

Wulandari, A. (2018). Implementasi Tari Kreasi Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak di TK Rama Landbaw Gisting Tanggaus Tahun 2018/2019 [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. https://repository.radenintan.ac.id/7055/1/skripsi.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.