PENGARUH PENERAPAN PRACTICAL LIFE SKILL TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB ANAK

Cindy Natasha, Anayanti Rahmawati, Jumiatmoko Jumiatmoko

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan practical life skill terhadap sikap tanggung jawab anak usia 56 tahun di TK Kristen Kerten Surakarta. Metode dalam penelitian ini adalah pre experiment dengan desain one group pretestposttest design. One group pretest-posttest design yang merupakan desain pra eksperimen dengan menggunakan satu kelompok observasi pada tahap pretest kemudian dilanjutkan pemberian treatment oleh peneliti dan dilakukan posttest untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah diberikan treatment. Pengumpulan data menggunakan tes dan analisis data menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) 22 for windows teknik shapiro wilk dengan nilai signifikansinya > 0,05. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Kristen Kerten Surakarta dengan jumlah sampel yang diambil yaitu 22 anak. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan antara hasil pretest dan posttest terdapat peningkatan sebesar 10,5% dari nilai rata-rata berkaitan dengan penerapan practical life skill terhadap sikap tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Kristen Kerten Surakarta.  

Keywords

penerapan practical life skill; sikap tanggung jawab; anak usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF

References

Aynur Gici Vatanseveri, E. A. (2019). A WAY TO TEACH PRACTICAL LIFE SKILLS IN SPECIAL EDUCATION: MONTESSORI PEDAGOGY. European Journal of Special Education Research.

Ernawati, N. (2018). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab dan Kreativitas Melalui Ekstrakurikuler Marching Band. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Gutek, G. L. (2013). Metode Maria Montessori. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hastuti D. D., S. S. (2019). Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Matematika SMA.

Khairiah, D. (2018). Assesmen Perkembangan Sosioemosional Anak Usia Dini. . Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini.

Lie, A. d. (2004). 101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Mitton, B. L. (1954). The development of responsibility in children. . the elementary school journal.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, M. d. (2022). Analisis Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Khairani Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV Alfabeta.

Utile, J. (2019). Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Melaksanakan Tugas Sekolah Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Sukabumi.

Voreis. (2016). Effects of Practical Life Activities on Executive Function Skills in Upper Elementary Montessori Students.

Winegal, I., Sudarsini, E. P. A., & Adi, E. P. The Effect of Practical Life Activity towards the Improvement of An Autistic Child’s Fine Motor Skill.

Zahira, Z. (2019). Islamic Montessori Inspired Activity. Bentang Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.