IDENTIFIKASI KEMANDIRIAN FISIK ANAK USIA DINI PASCA PEMBELAJARAN DARING

Aisyah Nur Hidayah, Warananingtyas Palupi, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian fisik pada anak usia 5-6 tahun pasca pembelajaran daring. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden yang dipilih yaitu dua guru kelas dan empat wali murid. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini bersifat interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemandirian fisik anak usia 5-6 tahun di TK 02 Nglegok Kecamatan Tawangmangu masih kurang optimal dalam lima indikator dari enam indikator yang telah ditetapkan dan diadaptasi dari para ahli. Indikator yang kurang optimal pencapaiannya yaitu makan dan minum, melepas dan memakai sepatu, melepas dan mengancingkan baju, merapikan pakaian serta mandi dan ke toilet. Sedangkan indikator yang sudah tercapai secara optimal adalah mengaitkan resleting.

Keywords

kemandirian fisik; anak usia dini pasca daring

Full Text:

PDF

References

Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 88-98.

Endriani, A., Aswansyah, I., & Sanjaya, A. (2020). Pengaruh Bimbingan Sosial Terhadap Kemandirian. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan.

Morisson, G. S. (2016). Pendidikan anak usia dini saat ini. Terj. Yudi Santoso,

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 2014. Tentang standar nasional pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Sa’ida, N. (2016). Kemandirian anak kelompok a taman kanak-kanak mandiri desa sumber asri kecamatan nglegok kabupaten blitar. Jurnal Pedagogi, Vol. 2 No.3, Agustus, 2016

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yamin & Sanan. (2013). Panduan anak Usia Dini. Gaung Persada Press Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.