PENGARUH BERMAIN OUTDOOR MELALUI CIRCUIT TRAINING TERHADAP FISIK MOTORIK KASAR ANAK

Nyla Arum Kusumawati, Anayanti Rahmawati, Bambang Winarji

Abstract

Fisik motorik kasar pada anak merupakan kemampuan anak dalam melakukan gerakan yang memanfaatkan otot-otot besar yang penting sebagai dasar bekal anak dalam melakukan mobilitas gerak di kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain outdoor melalui circuit training terhadap perkembangan fisik motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun atau kelompok B TK Negeri Pembina Sukoharjo. Bermain outdoor melalui circuit training adalah sebuah metode yang dikonsepkan untuk merangsang aspek perkembangan fisik motorik anak dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar. Subjek penelitian ini yaitu empat belas anak yang terdiri dari tujuh anak laki-laki dan tujuh anak perempuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Hasil penelitian ini uji hipotesis dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat peningkatan fisik motorik kasar pada anak melalui bermain outdoor dengan metode circuit training, dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase pada posttest dengan peningkatan presentase sebesar 18,68%.

Keywords

anak usia dini; fisik motorik; bermain outdoor

Full Text:

PDF

References

Adamson, G. T, R. E. M. 2015 Circuit Training. London:G Bell & Sons

Ahmad Susanto. (2017). Pendidikan anak usia dini konsep dan teori. Bumi Aksara.

Anggraini, D. D. (2015). Peningkatan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan bermain sirkuit dengan bola (penelitian tindakan di kelompok A tk al muhajirin malang, jawa timur, 2015). PG-PAUD Trunojoyo, 2, 67.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Hendra Mashuri, M. Adam Mappaompo, Palmizal A, Taufik Rahman, Andi Saparia, J. (2022). Pengaruh Permainan Gerak Dasar dengan Circuit Training terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2213

Hidayat, B., Syafira, I., & Jannah, W. (2020). Peningkatan Pemahaman Program Bermain Anak Indoor Dan Outdoor Di Desa Koto Tuo Kecamatan Batang Peranap. 4(1).

Monicha, N., & Timur, J. (2020). Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan sirkuit. 01(01), 23–32.

Mulyasa. (2014). Manajemen PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Nurdin, Nurdin. 2022. “Pengaruh Bermain Outdoor Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Dan Kreativitas Anak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (6): 5819–26. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3226.

Sharkey, B. . (1986). Coaches Guide to Sport Physiology. Illinois: Human Kinetic Publisher, Inc.

Usriyah, L., Octavia, A., Berlian, A., & Sarifah, S. (2023). Conducting Training in Developing the Creativity of Early Childhood Islamic Education ( PIAUD ) MI and MTs Teachers. 4(1), 162–175. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.