PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENGENALKAN BANGUN DATAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline dalam mengenalkan bangun datar pada anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Plomp. Penelitian dan pengembangan model Plomp terdiri dari 5 langkah yaitu tahap investigasi awal, tahap desain, tahap realisasi, tahap tes, evaluasi dan revisi, serta tahap implementasi. Subjek penelitian ini adalah 14 anak dengan usia 3-4 tahun di KB Pelita Bunda Benowo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket dan unjuk kerja anak. Analisis data menggunakan analisis data desktiptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif Articulate Storyline mendapatkan hasil penilaian sebesar 98,3% dari ahli materi, 99,18% dari ahli media, 88,85% dari guru, 91,96% dari hasil uji coba pengembangan, dan 95,12% dari hasil implementasi produk. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif Articulate Storyline layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan’ bangun datar pada anak usia 3-4 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya, F., Rudjiono, D., & Suhartono, B. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Semester 2 Studi Kasus di TK Wahyu Hidayah Desa Pagersari Kabupaten Semarang. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 12(1), 13-22.
Agustin, A. N., & Kurniawan, A. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Variasi Permainan Senam Lantai Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health, 3(6), 369-380.
Astika, J.C. (2017). Artikel Aplikasi Pengenalan Bangun Datar Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Surat Pernyataan Artikel Skripsi Tahun 2016 / 2017. 01(03).
Blackwell, C.K., dkk. (2014). Factors Influencing Digital Technology Use in Early Childhood Education. Computers & Education, 77, 83.
Darnawati, dkk. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedi Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 10-11.
Firdawela, Indah & Reinita. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Menggunakan Model Think Pair Share di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 101.
Hartati, Umi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “Bedah Beruang” untuk Mengenalkan Konsep Pengurangan pada Anak TK Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 623.
Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Kreatif Mendukung Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. Jakarta: PT Luxima Metro Media.
Juhaeni, dkk. (2021). Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(02), 152-153.
Krisnawati, I., dkk. (2020). Pengenalan Bentuk Bangun Datar melalui Media Colour Geometry bagi Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 29.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (2015) Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. (2015) Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.
Pribadi, B. A. (2017). Media & teknologi dalam pembelajaran. Prenada Media.
Rantina, M., Utami, F., & Andika, W. D. (2022). Prototype Media Interaktif untuk Menanamkan Nilai Pancasila untuk Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 4(2), 156–168. https://doi.org/10.15642/jeced.v4i2.2219
Rochmad, R. (2012). Desain model pengembangan perangkat pembelajaran matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72.
Sit, Masganti. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2018.
Sulistiowati, Eka, dkk. (2020). Pendampingan Bunda PAUD dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Sederhana untuk Pengenalan Konsep Bangun Datar. Jurnal SOLMA, 9(1), 133.
Susanto, Ahmad. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Verdine, B., dkk. (2016). The Shape of Things: The Origin of Young Children's Knowledge of the Names and Properties of Geometric Forms. Journal of Cognition and Development, 17(1): 142–161
Wiyani, N. A & Barnawi. (2016). Format PAUD: Konsep, Karakteristik, & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Yafie, E., Nirmala, B., Kurniawaty, L., Bakri, T. S. M., Hani, A. B., & Setyaningsih, D. (2020). Supporting cognitive development through multimedia learning and scientific approach: An experimental study in preschool. Universal Journal of Educational Research, 8(11), 113-123.
Refbacks
- There are currently no refbacks.