HUBUNGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DENGAN KINERJA GURU PAUD
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengtahui hubungan kesejahteraan psikologis dengan kinerja guru, yang menjadi latar belakang pada penelitian ini yaitu terdapat berbagai kendala yang timbul pada masa pandemi ini, kendala ini meliputi tuntutan kepada guru untuk lebih kreatif dalam memilih dan menyediakan kegiatan pembelajaran secara daring serta keterbatasan sarana dan prasarana yang mengakibatkan pembelajaran kurang maksimal. Adanya kendala ini namun guru masih tetap semangat dalam menjalani pekerjaannya, hal ini membuktikan bahwa terdapat hubungan antara kesejahteraan psikologis dengan kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru pendidikan anak usia dini di Kecamatan Tanon. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik sampling jenuh sehingga semua anggota populasi berjumlah 54 guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengunpulan data yang digunakan yaitu melalui kuesioner. Berdasarkan analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05 yang memiliki arti terdapat hubungan antara kesejahteraan psikologis dengan kinerja guru. Penelitian ini menunjukkan nilai uji korelasi sebesar 0,433. Nilai positif pada hasil uji ini berarti hubungan antar variabel searah. Apabila kesejahteraan psikologis tinggi maka kinerja guru akan tinggi dan apabila kesejahteraan psikologis remdah maka kinerja guru juga akan rendah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Jufri, F. M., Anshori, I., & Fahyuni, E. F. (2021). Menjadi Guru Yang Wellbeing di Masa Pandemi Covid-19. Sidoarjo: Umsida Press
Butler, J., & Kern, M. L. (2016). The PERMA-Profiler: A brief multidimensional measure of flourishing. International Journal of Wellbeing, 6(3), 1–48. https://doi.org/10.5502/ijw.v6i3.526
Elfida, D., Mila, M. N., Mansoer, W. W. D., & Takwin, B. (2021). Adaptasi dan uji properti psikometrik The Perma-Profiler pada orang Indonesia. Persona Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 81-103.
Jf, Nurul Zahriani and Muhammad Abdul Latif. (2020). “Peningkatan Kualitas Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Paud”. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini2: 1–16.
Massalim, S. Z. (2019). Pengaruh kesejahteraan terhadap kinerja guru PAUD, 13(2), 62–67. https://doi.org/10.32832/jpls.v13i2.2650
Pianda, D. (2018). Kinerja Guru. Jawa barat: CV Jejak.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970
Republik Indonesia. (2007). Permendiknas No.16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Seketariat Negara
Ryff, C. D. (1995). Psychological Well-Being in Adult Life. Current Directions in Psychological Science, 4(4), 99–104. https://doi.org/10.1111/1467-8721.ep10772395
Steger, M. F. (2012). Experiencing meaning in life: Optimal functioning at the nexus of well-being, psychopathology, and spirituality. In P. T. P. Wong (Ed.). The Human Quest for Meaning: Theories, Research, and Applications (Pp. 165–184). Routledge/Taylor & Francis Group.
Wahyu, S., Rizal, F., & Syah, N. (2021). Teacher Performance Analysis in the Learning Process. Journal of Education Research and Evaluation, 5(1), 67. https://doi.org/10.23887/jere.v5i1.30758
Winarti, A. (2020). Implementasi Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, II(2).
Yanti, J., Novianti, R., & Kurnia, R. (2018). The Relation Between Psychological Well Being and Kindergartens Teacher Performance in Tambang Subdistrict Kampar Regency. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 1–14.
Zulkifli, M., Darmawan, A., & Sutrisno, E. (2014). Motivasi Kerja, Sertifikasi, Kesejahteraan dan Kinerja Guru. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(2), 148–155. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.379
Refbacks
- There are currently no refbacks.