EFEKTIVITAS INCIDENTAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI

Farida Nur Khasanah, Anayanti Rahmawati, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

Bahasa merupakan aspek perkembangan yang penting dalam masa tumbuh dan kembang anak usai 5-6 tahun, bahasa mencerminkan kemampuan anak dalam berkomunikasi. Kosakata merupakan salah satu aspek perkembangan dalam peningkatan bahasa anak. Kosakata dapat membantu anak untuk berkomunikasi, berinterkasi serta menyurahkan ide dan gagasanya dengan orang lain. tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran incidental learning dalam meningkatkan kosakata anak usia 5-6 tahun, penelitian dilaksanakan di TK A Laweyan Surakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif experiment one group pretest and one group posttes. Populasi terdiri dari 23 anak usia 5-6 tahun dan sampel berjumlah 23 anak. Metode pembelajaran incidental learning merupak metode pembelajaran bahasa yang menggunakan interaksi dalam proses pembelajarannya serta metode yang konsep pelaksanaanyan berupa kegiatan pembelajaran yang menyenakan dan ringan sehingga tidak akan membebankan peserta didik dalam proses pembelajaranya. Konsep pembelajaran incidental learning dan konsep pembelajaran anak usia dini sama sehingga metode pembelajaran tersebut dapat diterapkan pada lingkungan sekolah anak usia dini. Hasil penelitian menunjukan terdapat perubahan yang signifikan terhadap kemapuan kosakata bahasa inggris anak setelah diberikan treatment atau perlakuan berupa pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode incidental learning.

Keywords

Bahasa; Kosakatak; Incidental Learning; Anak Usia 5-6

Full Text:

PDF

References

Adel W, A., & Madani O, A. (2022). Vocabulary Size and Depth of Knowledge: A Study of Bahraini EFL Learners. International Journal of English Linguistics, 12(1). https://doi.org/doi:10.5539/ijel.v12n1p58

Dwyer, J., & Harbaugh, A. G. (2020). Where and when is support for vocabulary development occurring in preschool classrooms? Journal of Early Childhood Literacy, 20(2), 252295. https://doi.org/10.1177/1468798418763990

Frazer, T. C., Fromkin, V., & Rodman, R. (1984). An Introduction to Language. Language, 60(2). https://doi.org/10.2307/413657

Hart, B., & Risley, T. R. (1975). INCIDENTAL TEACHING OF LANGUAGE IN THE PRESCHOOL. Journal of Applied Behavior Analysis, 4(8), 411420. https://doi.org/doi:10.1901/jaba.1975.8-411

Hidayati, N. N. (2018). Pentingnya Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris bagi Guru Anak Usia Dini. Al Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 59–74.

Iskawedar, Y., Djaelani, & Palupi, W. (2016a). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Role Playing Pada AnakKelompok B Tkit Mta Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016 (2). 4(2), Article 2. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8572

Kurniawati, C. H., Arini, N. W., & Suarjana, I. M. (2016). Penerapan Model pembelajaran Insede Outside Cicle untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Bahasa Indonesia kelas V. PGSD Universitas Pendidikan Ghanesha, 4(1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7353

Muspawi, M., Suryani, I., & Rahayu, A. Y. (2020). Penerapan Permainan Scrabble Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.22437/jssh.v4i1.9761

Na’imah, N. I. (2022). Urgensi bahasa inggris dikembangkan sejak anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564-2572.

Nasution, S. (2016). Pentingnya Pendidikan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Warta, 50(1).

Nation, P., & Beglar, D. (2007). A vocabulary size test. https://doi.org/10.26686/wgtn.12552197.v1

Rahn, N.L., Storie, S.O. & Coogle, C.G. (2023). Teaching Vocabulary in Early Childhood Classroom Routines. Early Childhood Educ J 51, 1157–1168. DOI: https://doi.org/10.1007/s10643-022-01361-y

Sarwono, J. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Edisi 2 (2nd ed.). Suluh Media.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian (1st ed.). Rajawali Pers.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.). ALFABETA.

Suyanto, K. (2015). English for Young Learners: Melejitkan Potensi Anak Melalui English Class yang Fun, asyik, dan menarik. Bumi Aksara. http://perpus.tasikmalayakab.go.id/opac/detail-opac?id=1233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.