PENGASUHAN PADA ANAK USIA DINI DENGAN TAHAPAN TRUST VS MISTRUST
Abstract
Banyak orang tua kurang memahami mengenai pentingnya pola asuh yang tepat untuk bayi, terutama pada usia 0-18 bulan dimana pada masa ini bayi mulai mengembangkan rasa percaya atupun tidak percaya dalam dirinya, namun kebanyakan orang tua menganggap bahwa bayi belum bisa membedakan kebenaran dan kebohongan sehingga orang tua seringkali membohongi bayi untuk mengelabuhinya tanpa disadari kebiasaan inilah yang dapat mempengaruhi bagaimana rasa percaya atau tidak percaya berkembang pada diri bayi kedepannya. Tujuan penelitian ini untuk menguraikan pola asuh yang dilakukan oleh orang tua pada anak usia 0-18 bulan dengan tahapan trust vs mistrust. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah lima orang ibu atau pengasuh yang memiliki anak dengan usia 0-18 bulan. Sumber data dari penelitian ini adalah ibu atau pengasuh, foto dan hasil rekaman suara. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi data atau sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat dari lima orang tua dengan anak usia 0-18 bulan di Desa Sembalun lebih cenderung menggunakan pola asuh autoritatif atau demokratis, satu orang tua lainnya menggunakan pola asuh otoriter, faktor yang mempengaruhi pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua adalah kepribadian orang tua, pengalaman pengasuhan yang diterima dari orang tua terdahulu, usia, pendidikan, keterlibatan pasangan serta pengalaman pengasuhan sebelumnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7, 33–48.
Aryanti, Y. (2017). Peran ayah dalam pengasuhan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 7(1), 21–24.
Brosnan, T., Kolubinski, D. C., & Spada, M. M. (2020). Addictive Behaviors Reports Parenting styles and metacognitions as predictors of cannabis use. Addictive Behaviors Reports, 11(December 2019), 100259. https://doi.org/10.1016/j.abrep.2020.100259
Corcoran, M., & Mcnulty, M. (2018). Child Abuse & Neglect Examining the role of attachment in the relationship between childhood adversity , psychological distress and subjective well- being. Child Abuse & Neglect, 76(October 2017), 2017–2019.
Emiliza, T. (2019). Konsep Psikososial Menurut Teori Erik H.Erikson Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Tinjauan Pendidikan Islam. Repository .IAIN Bengkulu.Ac.Id.
Nurunnisa, R., Nuraeni, L., & Andrisyah, A. (2020). Penyuluhan Program Sekolah Ramah Anak Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Berbasis Child Center Pada Pendidikan Di Taman Kanak-Kanak Kota Purwakarta. Jurnal Abdimas Siliwangi, 3(1), 94–103.
Papaplia, D. E. (2008). Human Development. Prenadamedia Group.
Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal IAIN Kudus, 6(1), 1–18.
Tridhonanto. Al. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. PT. Elex Komputindo.
Witthingham, K., & Coyne, L. (2019). Acceptance and Commitment Therapy: The Clinician’s Guide for Supporting Parents. Academic Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.