PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis TPACK terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Al-Islam 4 Surakarta. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design tipe non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di TK Al-Islam 4 Surakarta dengan 14 anak sebagai kelompok eskperimen dan 14 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Uji validitas menggunakan validitas isi. Uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach’s. Uji normalitas menggunakan teknik analisis shapiro wilk, sedangkan uji homogenitas menggunakan teknik analisis levene statistics. Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata posttest kelompok eksperimen 3,600 dan kelompok kontrol 3,093 dengan nilai signifikasi 0,000. Hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, yang artinya pembelajaran berbasis TPACK berpengaruh terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun. Hal tersebut terlihat ketika anak mengungkapkan ide, pendapat, atau perasaan saat diminta untuk mengamati tentang materi yang diberikan, menjawab pertanyaan dari guru yang lebih kompleks saat kegiatan tanya jawab, dan menceritakan kembali cerita yang sudah didengarkan dari media teknologi yang diberikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, M. (2019). Pengaruh pembelajaran TPACK dengan blended learning terhadap peningkatan keterampilan berfikir kreatif. (Thesis, UIN Sunan Gunung Jati Bandung).
Aisah, F. S. (2018). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini 5-6 tahun. Universitas Pendidikan Indonesia.
Asmawati, L. (2014). Perencanaan pembelajaran PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdyakarya.
Firdaus, M., & Muryanti, E. (2020). Games edukasi bahasa inggris untuk pengembangan kosakata bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1216–1227. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.588
Hariyanti. (2019). Meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercerita menggunakan media boneka jari. Jurnal Pelita Paud, 3(2), 106–120. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.520
Maulida, N. (2019). Pengaruh pembelajaran berbasis technological pedagogical content and knowledge (TPACK) dengan blended learning terhadap peningkatan keterampilan berkomunikasi pada materi sistem gerak. (Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Agustina, M. (2019). Pengaruh pembelajaran TPACK dengan blended learning terhadap peningkatan keterampilan berfikir kreatif. (Thesis, UIN Sunan Gunung Jati Bandung).
Aisah, F. S. (2018). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini 5-6 tahun. Universitas Pendidikan Indonesia.
Asmawati, L. (2014). Perencanaan pembelajaran PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdyakarya.
Firdaus, M., & Muryanti, E. (2020). Games edukasi bahasa inggris untuk pengembangan kosakata bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1216–1227. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.588
Hariyanti. (2019). Meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercerita menggunakan media boneka jari. Jurnal Pelita Paud, 3(2), 106–120. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.520
Maulida, N. (2019). Pengaruh pembelajaran berbasis technological pedagogical content and knowledge (TPACK) dengan blended learning terhadap peningkatan keterampilan berkomunikasi pada materi sistem gerak. (Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Miftahul, J., & Hasanah, U. (2018). Pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B di PAUD Terpadu Teratai UNM Makassar. Jurnal Instruksional, 1(1), 38–44. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.25-31
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat : Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 03(01), 171. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf
Rizqiyah, N. (2021). Implementasi technological pedagogical content knowledge sebagai modernisasi di bidang pendidikan. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 10(2), 159–171.
Susanti, M. E. (2018). Upaya dalam mengembangkan bahasa ekspresif melalui metode bercerita pada anak usia dini di TK Assalam 2 Pulau Singkep Bandar Lampung. Doctoral Dissertasion, UIN Raden Intan Lampung (Vol. 53, Issue 9).
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto. (2020). Analisis kemampuan TPACK (technolgical, pedagogical, and content, Knowledge) guru biologi SMA dalam menyusun perangkat pembelajaran materi sistem peredaran darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i 1.41381
Widiastuti, S. (2015). Pembelajaran proyek berbasis budaya lokal untuk menstimulasi kecerdasan majemuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 59–71. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2907
Wulandari, S. W. (2021). Peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui kegiatan bercerita dengan menggunakan boneka tangan berbasis TPACK pada kelompok A TK Teratai UNM Kota Makassar. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
1.png)








