HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DENGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji adanya hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di TK/KB Gugus 11 Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten. Validitas instrumen menggunakan validitas isi yang sebelumnya diuji kelayakan oleh expert judgement dengan uji analisis menggunakan pearson product moment. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 5% sehingga menghasilkan sampel 91 anak. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan pearson product moment dengan bantuan SPSS 20 for windows. Data yang diperoleh kemudian dianalisis sehingga dapat diketahui hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Hasil analisis data yang telah dilakukan dengan taraf signifikansi 5% memperoleh nilai korelasi sebesar 0,540 sehingga terdapat korelasi antara variabel pola asuh demokratis dengan kreativitas anak. Nilai tersebut juga diketahui menunjukkan tanda positif yang artinya semakin baik pola asuh yang diterapkan oleh orang tua maka semakin baik pula perkembangan kreativitas anak. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan kreativitas anak usia 5-6 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afnita, J. & Khamim Z. P. (2021). Kunci-Kunci dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5 (1), 75-95.
Afnilaswati, dkk. (2020). Peningkatan Kreativitas Anak TK pada masa COVID-19 melalui Permainan Kolase dengan Menggunakan Bahan Alam. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (2), 99-107.
Ayu, T., Marmawi, & Dian M. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10 (4), 1-10.
Baumrind, D. (1966). Effects of Authoritative Parental Control on Child Behavior. Society for Research in Child Development, 37 (4), 887–907.
Cahyani, P. G. R., I Made T., & Mutiara M. (2020). Pengaruh metode outbond terhadap kemampuan berpikir kreatif kelompok b gugus 1 kecamatan sawan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8 (1), 35-44.
Candrawati, Dewi. (2019). Persepsi terhadap Pola Asuh Demokratis dan Konsep Diri terhadap Penyesuaian Diri pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 8 (2), 99-107.
Eriani, E., dkk. (2022). Loose Parts: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5 (1), 175-181.
Gustia, Y. & Indah S. (2019). Relationship Between Parenting Style and Student Creativity and Implications for Guidance and Counseling Services. Jurnal Neo Konseling, 1 (1), 1-6.
Hasanah, Nur & Sugito. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (2), 913-922.
Ihdafiyah, T. T., A.T. Hendrawijaya, & Deditiani T. I. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kreativitas Anak Di Sanggar Seni Banitas Jember. Jurnal Learning Community, 1 (1), 1-3.
Ismaniar. (2018). Kreatifitas dan Pendidik PAUD dalam Perspektif Peluang dan Tantangan. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6 (3), 257-261.
Lathifah, N., Henry S. B., & Khamdun. (2022). Proses berpikir kreatif siswa sekolah dasar ditinjau dari pola asuh orang tua. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6 (2), 395-400.
Miranda, Dian. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kreativitas AUD. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10 (1), 18-30.
Nadiya, Ikrima & Eka C. M. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Desa Petak, Pacet, Mojokerto. Artikel, 8 (1), 1-7.
Putri, D. K. & Izzati. (2022). Perkembangan kreativitas anak selama belajar dari rumah (bdr) di taman kanak-kanak ikal iqra’ dwp kota padang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4 (1), 236-243.
Rahmawati, A., Fajrianthi F., & Urip P. (2022). The Psychometric Properties of Parenting and Dimensions Questionnaire-Short Form in Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11 (1), 42-50.
Restiani, S., Sri S., & Mona A. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis dengan Kemandirian Anak Di Kelompok A PAUD IT Bina Iman Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Potensia PG PAUD FKIP UNIB, 2 (1), 23-32.
Sari, P. P., Sumardi & Sima M. (2020). Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4 (1), 157-170.
Sit, dkk. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori dan Praktik. Medan: Perdana Publishing.
Susanto, Heri & Ilyas. (2019). Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Kreativitas Anak (Studi Di Desa Gondoriyo, Kec. Bergas, Kab. Semarang). 4(1), 50-60.
Taher, S. M. & Erni M. (2019). Peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di tk islam terpadu salsabila al-muthi’in yogyakarta. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4 (2), 35-50.
Wartini, Siti. (2018). Pengaruh Pola Asuh terhadap Perkembangan Karakter Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Ceria, 1 (2), 21-27.
Yuniarti, Darmiany & Ilham S. J. (2021). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Kelas V Gugus 06 Mataram. Renjana Pendidikan Dasar, 1 (4), 339-344.
Refbacks
- There are currently no refbacks.