PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA DINI

Satriastuti Salsabella, Warananingtyas Palupi, Vera Sholeha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun di TK Al- Amaanah 1 Jaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart, memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini telah dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan 3 pertemuan pada setiap siklusnya. Subyek penelitian ini anak usia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan perkembangan kemampuan berpikir simbolik anak melalui penerapan model experiential learning pada setiap siklusnya. Hal tersebut dapat dibuktikan pada pra tindakan mencapai 53,33%, siklus I mencapai 73,33%, dan siklus II mencapai 86,67%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model experiential learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun.

Keywords

Model experiential learning; kemampuan berpikir simbolik anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Abdul Latif, M. (2020). Experiential learning sebagai stimulus perkembangan kognitif dan sosial-emosional anak di taman anak (TA) Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta. 14. https://all3dp.com/2/fused-deposition-modeling-fdm-3d-printing-simply-explained/

Aristhi, N. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 327–337.

Bodedarsyah, A., & Yulianti, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini Kelompok a (Usia 4-5 Tahun) Dengan Media Pembelajaran Lesung Angka. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 354. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p354-358

Chandra, R. D. A., Afandi, A., Kustiyowati, & Marina, Z. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR SIMBOLIS MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI POS PAUD DAHLIA 64. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5, 76–81.

Fitria Budi Utami, D. K. (2020). Pengaruh Penerapan Model ExperientialLearning Pada Mata Kuliah Matematika Dan SainsTerhadap Keaktifan Mahasiswa Pg PaudUniversitas Panca Sakti Bekasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02), 64–84.

Hikmah, N., Afif, N., & Ayuningrum, D. (2021). Experiential Learning Pada Model Pembelajaran Ta’lim Yaumiyah Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasi Islami …. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/2183

Islamiyah, R., Setiawati, F. A., & Utami, W. S. (2020). Computer-based “color-Mixing Maze Game” to stimulate symbolic thought for the development of learning science in early childhood. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012112

Istanti, E., Debibik, D. N. F., & Rina, R. S. (2021). Stimulasi Kemampuan Berpikir Simbolik Melalui Kegiatan Meronce Anak Usia 4-5. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 205–219. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.5035

Kolb, D. A. (2014). Experiential Learning : Experience as the source of Learning and Development.

Mehrtash, M., Yuen, T., & Balan, L. (2019). Implementation of Experiential Learning for Vehicle Dynamic in Automotive Engineering: Roll-over and Fishhook Test. Procedia Manufacturing, 32, 768–774. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.02.284

Mertoyudan, K., & Fadhilah, N. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Bola Enak.

Nuransa, T. F., Pudyaningtyas, A. R., & Nurjanah, N. E. (2020). EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 4-5 TAHUN. Kumara Cendikia, 9. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/kc.v9i1.42373

Pamungkas, A. H. (2018). Pemanfaatan Experiential Learning Untuk Pembelajaran Berbasis Teknologi Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 25–45. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/101366

Paramita, N., Rintayati, P., & Wahyuningsih, S. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENERAPAN PERMAINAN SAINS. Kumara Cendikia, 7. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/kc.v7i2.36372

Ratih, N. P. A., Nurjaya, I. G., & Sriasih, S. A. P. (2019). Penggunaan Model Experiential Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi Di Kelas X Sman 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1), 120–128. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20576

Rohinah. (2018). Experiential Learning dalam Pembelajaran Agama Anak Usia Dini Berbasis Sekolah Alam di TKIT Nurul Islam Yogyakarta | Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education (IJIECE) , 3(1), 1–14. http://journal.pps-piaud.org/index.php/Ijiece/article/view/97

Suryaningsih, N. M. A., & Rimpiati, N. L. (2017). Implementasi Metode Experiential Learning Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Pg-Paud. … Ilmu Pendidikan, 1, 107–117. http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/view/308

Suwandi, L. J., & Susianna, N. (2021). PEMBELAJARAN BERPIKIR SIMBOLIK DAN KEAKSARAAN UNTUK SISWA K1 SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Universitas Kristen Satya Wacana, 37. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i1.p1-15

Tri Utomo, A. K. (2018). Penerapan Model Experiental Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Afektif Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MA Darul Ulum Kudus Tahun 2018/2019. IAIN Kudus Repository.

Waseso, H. P. (Universitas S. A.-Q. (UNSIQ) W. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivis. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.632

Yetra, S. (2020). Pelaksanaan model Experiental Learning di PAUD sekoolahalam minangkabau. Jurnal Golden Age, 4(01), 90–99. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.