MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA BUSY FUN BAG

Dwi Yuni Astuti, Siti Wahyuningsih, Vera Sholeha

Abstract

Motorik halus adalah gerakan yang dilakukan oleh bagian tubuh tertentu, hanya melibatkan sebagian kecil otot tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Al Islam 4 Sondakan, Surakarta. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 12 orang anak. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih agar dapat menjelaskan semua kegiatan pembelajaran di kelas selama penelitian secara lengkap. Pendekatan kuantitatif dipilih agar dapat menganalisis data hasil proses belajar anak dan untuk membandingkan perolehan nilai sebelum dan sesudah dilakukannya tindakan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk, melalui pendapat expert judgement sedangkan validitas kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik Peningkatan ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan klasikal pada kemampuan motorik halus pada siklus I yakni sebesar 41,66% yang meningkat menjadi 83,33% pada siklus II dan hasilnya mampu mencapai indikator keberhasilan kemampuan motorik halus.

Keywords

kemampuan motorik halus; anak usia 4-5 tahun; media busy fun bag

Full Text:

PDF

References

Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Aqib, Z. J. (2008). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru, SD, SLB, TK. Bandung: CV Yrama Widya.

Crowley, K. (2014). Child Development : A Practical Introduction.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Pedoman Pengembangan Fisik/Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Febriani Harahap, S. (2019). Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatn Melipat Kertas Origami. Journal of Islamic Early Childhood Education, 57-62.

Hasanah, L. (2017). Kegiatan Menganyam Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Yahya, Bekasi. Permata: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 97– 104.

Hurlock, E. B. (2013). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.

Jakni. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Alfabeta.

Khadijah & Nurul Amelia. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan Busy Book Pada Kosakata Anak Usia Dini di PAUD Swadaya PKK.

Ramadhani, S. N., Sudarsini. (2018). Media quiet book dalam meningkatkan keterampilan memakai baju berkancing bagi tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 4 (1), 12-16.

Safitri, E., Kustiawan, U., & Suryadi, S. (2021). Pengembangan alat permainan edukatif busy bag untuk kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(4), 295-301.

Satriani, S. & I. (2021). TEMATIK: Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 84-93.

Saraswati, A. M. (2018). Penerapan Permainan Bsuy Book Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Autis. Surabaya.

Sudarsini, R. D. (2018). Media Quite Book dalam Meningkatkan Ketrampilan Memakai Baju Berkancing bagi Tunagrahita. ORTOPEDAGOGIA, 12-16.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suggate, S., Stoeger, H., & Pufke, E. (2016). Relations between Playing Activities and Fine Motor Development. Early Child Development and Care, 4430(April), 0–14. https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1167047

Ulfa, A. A., & Rahmah, E. (2017). Pembuatan dan Pemanfaatan Busy Book dalam Mempercepat Kemampuan Membaca untuk Anak Usia Dini di PAUD Budi Luhur Padang Azra. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 6(1), 28–37.

Venetsanou, F., & Kambas, A. (2010). Environmental Factors Affecting Preschoolers’ Motor Development. Early Childhood Education Journal, 37(4), 319–327. https://doi.org/10.1007/s10643-009-0350-z

Wiyani, N. A. (2014). Manajemen PAUD Bermutu: Konsep dan Praktik MMT di KB, TK/RA.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.