PENGARUH ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA DINI

Aulia Fadhilah Indrawan, Anayanti Rahmawati, Ruli Hafidah

Abstract

Pendidikan anak usia dini memiliki peran penting dalam membentuk dasar pengembangan anak sejak usia dini. Melalui pendidikan ini, anak dapat belajar mengenai keterampilan kognitif, sosial, fisik, dan emosional yang akan membantu mereka tumbuh dan berkembang dengan baik di masa depan. Mengenal lambang bilangan merupakan salah satu keterampilan pada aspek kognitif, penggunaan media pembelajaran sangat berpengaruh dalam penyampaian materi ketika di dalam kelas. Sehingga dapat menghasilkan keaktifan serta ketertarikan anak dan hasil belajar dapat meningkat. Articulate storyline 3 merupakan salah satu media interaktif yang dapat digunakan untuk mengenalkan lambang bilangan kepada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah: meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun melalui penggunaan media interaktif, yaitu articulate storyline pada anak kelompok A TK Aisyiyah 32 Karangasem Surakarta. Metode penelitian ini menggunakan jenis pre eksperimen dengan pendekatan kuantitatif serta desain penelitian One Group Pretest-Postest. Pengumpulan data menggunakan test dan analisis data menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) 25 teknik shapiro wilk dengan nilai signifikansinya >0,01. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok A1 TK Aisyiyah 32 Karangasem, Surakarta dengan jumlah sampel yang diambil yaitu 16 anak. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan antara hasil pretest dan posttest terdapat peningkatan sebesar 26,72% dari nilai rata-rata berkaitan dengan penggunaan media articulate storyline 3 terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah 32 Karangasem, Surakarta.

Keywords

kognitif; lambang bilangan; articulate storyline 3; median interaktif; anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Ahmad Susanto. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Teori. Bumi Aksara.

Aisyah, A. (2017). Permainan WarnaBerpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini.Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan MediaPembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193.

https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Fatia, I., & Ariani, Y. (2020). Pengembangan Media ArticulateStoryline 3 pada Pembelajaran Faktor dan Kelipatan Suatu Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 503–511.

Indriani, S. M., Artika, W. I., & Ningtias, W. R. D. (2021). Penggunaan Aplikasi Articulate Storyline Dalam Pembelajaran Mandiri Teks Negosiasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 25–36

Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut JeanPiaget. Khazanah Pendidikan,15(2),151.https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974

Nugraheni, L. (2019). Media Sebagai Faktor Determinan Keberhasilan Pembelajaran Folklor Di Sekolah Dasar Kabupaten Pati. KonferensiNasional Bahasa dan Sastra (Konnas Basastra) V, 161–165.

Nurwidayanti, D., & Mukminan, M. (2018). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajarekonomi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA Negeri. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(2), 105114.https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.17743

Rahmadi. (2011). Pengantar MetodologiPenelitian. ANTASARI PRESS.

Setianingrum, I., & Azizah, N. (2021). Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan padaAnak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,6(1), 315–327. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1268

Smith, J., & Johnson, A (2018), Understanding Number and Numerals: Exploring the Relationship Between Number Words and Numerals in Early Childhood Mathematics Education, Journal for Research in Mathematics Education (JRME). . DOI: 10.5951/jme.36.2.0197

Sumardi, S., Rahman, T., & Gustini, I. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 190–202. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9359

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan PerkembanganKognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dinidan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Sari, S. N. (2022). Pengembangan Multimedia Berbasis Aericulate Storyline Pada Materi Membandingkan Dan Mmengurutkan Bilangan Untuk Siswa Kelas I. Skripsi tidak diterbitkan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Kediri.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.