ANALISIS ANGKA PARTISIPASI PAUD DI TINJAU DARI FAKTOR ORANG TUA
Abstract
Angka Partisipasi Kasar PAUD (APK PAUD) merupakan alat untuk mengukur keberhasilan program pembangunan pendidikan yang diselenggarakan pada jenjang pendidikan formal anak usia dini dalam rangka memperluas kesempatan bagi penduduk di berbagai daerah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui APK PAUD Desa Kaliwuluh yang di tinjau dari faktor orang tua. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang tua anak usia 4-6 tahun yang berjumlah 210 dan sampel sebesar 68 responden. Sample pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling, dengan metode simple random sampling. pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Uji validitas kuesioner menggunakan bantuan software IBM SPSS statistics 26. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriftif. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Angka partisipasi kasar PAUD di Desa Kaliwuluh sebesar 87% (2) faktor orang tua yang mempengaruhi APK PAUD meliputi: faktor lokasi sekolah 59,5%. Fator presepsi orang tua sebesar 61%, dan Faktor ekonomi keluarga sebesar 46,3%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aischa, Revaldi. (2010). Memilih Sekolah Untuk Anak. Jakarta: Inti Medina
Andriani, Deasy. (2008). Memilih Sekolah Buat Si Kecil Early Learning and Schooling. Yogyakarta: Kanisius.
Anugerah, A. I. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Anak Usia 4-6 Tahun Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Di Kota Medan . Jurnal Pembangunan Perkotaan, 9.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Deasy Andriani. (2008). Early Learning & Schooling. Yogyakarta: Kanisius.
Faisal, Mailani, E., Heniwaty, Y., &Dkk. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Anak Usia 4-6 Tahun Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Medan. Pembangunan Perkotaan, February 2020.
Hamus, N. A. (2017). Motivasi Orang Tua Memilih Taman Kanak-Kanak Sebagai Wadah Sosialisasi Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Kartika Jaya Kecamatan Ternate Utara Kota Ternate . Holistik, 12.
Jeanne Brooks-Gunn. Greg J. Duncan. (1997). The Effects of Poverty on Children. The Future of Children Children And Poverty, 7.
Kartakusumah, Y. (2018). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Angka Partisipasi Kasar (APK) pada Pendidikan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak. In Tugas Akhir,Skripsi,Tesis,Disertasi (S2) (p. 4). Universitas Pendidikan Indonesia.
Kebudayaan, K. P. (2020). Apk Paud Angka Partisipasi Kasar Anak Usia Dini Tahun 2019/2020, Jakarta: Pusat Data Dan Teknologi Informasi.
Kementerian Pendidikan, K. R. (2019). Apk Paud Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2018/2019. Jakarta: Pusat Data Dan Statistik Pendidikan Dan Kebudayaan.
Muammalah, E. (2022). Survei faktor yang mempengarui orang tua peserta didik dalam memilih sekolah taman kanak-kanak rw 01 kertajaya surabaya. PAUD Teratai, 11(1), 51-58.
Nengsi, A. W. (2019). Analisis problematika anak usia 3-5 tahun belum mendapatkan pendidikan di PAUD. Al Fitra: Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 300–308.
Purwanto, Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rahmadina, R. P. (2021). Pemodelan Faktor Yang Memengaruhi Angka Partisipasi Kasar Sma/Sederajat Di Papua Menggunakan Regresi Nonparametrik. Jurnal Sains Dan Seni, 8.
Rahmawati, A. F. (2016). Survei tingkat persentase faktor yang mempengaruhi orang tua memilih sekolah di TK gugus II kecamatan berbah. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(4), 383-390.
Rohmani, N. (2021). Analisis Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Seluruh Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 625-632 .
Suharso, P. (2018). Analisis Partisispasi Pendidikan Pada Masyarakat Miskin Dusun Gumuk Limo Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9.
Swasti, K. M. (2013). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Presepsi Dan Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anakusia Dini Di Keluarga. Penyuluhan Pembangunan.
Zainurin And Sabri. (2011). Factors That Influence Parents’ Choice Of Pre-Schools Education In Malaysia: An Exploratory Study. International Journal Of Business And Social Science Vol. 2 No. 15. International Islamic University Malaysia.
Zulfikar, A. L. (2017) ‘Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja Siswa Kelas X Dan Xi Smkn 2 Malang’
Refbacks
- There are currently no refbacks.