PEMBIASAAN TOLONG, TERIMA KASIH DAN MAAF DALAM PENINGKATAN SOPAN SANTUN BERBICARA ANAK

Miftakhul Falaah Imtikhani Nurfadila, Upik Elok Endang Rasmani, Bambang Winarji

Abstract

Pembentukan karakter yang baik pada anak adalah hal yang sangat penting untuk ditanamkan kepada anak sejak dini. Pembentukan karakter dapat dilakukan melalui hal-hal sederhana. Salah satunya adalah pembiasaan mengucapkan kata “tolong”, “terima kasih” dan  “maaf”. Ketiga kata tersebut merupakan kata yang sederhana namun seringkali dilupakan. Penggunaan kata tersebut merupakan bentuk sopan santun berbicara pada anak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan pembiasaan kata “tolong”, “terima kasih” dan  “maaf” untuk meningkatkan sopan santun berbicara anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis quasi experiment dengan tipe non equivalent control group design. Penelitian ini terdiri dari kelompok eksperimen sebanyak dari 28 anak dan kelompok kontor sebanyak dari 27 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan metode statistik parametrik. Hasil penelian menunjukkan bahwa pembiasaan kata “tolong”, “terima kasih” dan  “maaf” pada kelompok eksperimen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sopan santun berbicara anak usia 4-5 tahun.

Keywords

Tolong; Terima Kasih; Maaf; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References

Alifah, L., Nabilatul Fauziah, D., & Syafrida, R. (2021). Implementasi Metode Pembiasaan Berkata Tolong, Maaf, Terimakasih Untuk Pembentukkan Karakter Pada Anak 5-6 Tahun Di Tk Islam Dzakra Lebah Madu. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 4, 390–403.

Arif, M. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Sopan Santun Anak Di Raudlatul Athfal Al-Azhar Menganti. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 31–41. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.15756

Basri, M., Ismayani, W., Zahra, S., Amelia, Handayani, W. I., Hidayah, N., Aini, L., Safitri, A. N., & Harahap, M. A. (2022). Pengembangan Akhlak dan Moral AUD di RA/TK Daffa Islami Desa Pantai Labu Pekan. 4, 1439–1449. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/8402/6321

Hartrini, F. (2019). Pengaruh Pendidikan Lingkungan Masyarakat Terhadap Pembentukan Karakter Anak Di Kelurahan Pagar Tengah Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang. Institut Agama Islam Negeru (IAIN) Bengkulu.

Junaidi. (2020). Santun Berbicara. Universitaria.

Lilliek Suryani. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. E-Jurnalmitrapendidikan.Com, 1(1), 114.

Malik, L. R., Saugi, W., & Nurlina. (2021). Pengembangan Perilaku Agama dan Moral Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid 19. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 1, 1–13.

McPherson, D. (2019). Manners and the moral life. The Theory and Practice of Virtue Education, 140–152. https://doi.org/10.4324/9781315265353-12

Munif. (2018). Membangun Pondasi Keluarga Sakinah Dengan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 34–46. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Nisa, K. (2019). Pembentukan Perilaku Berbicara Santun Pada Anak Dalam Keluarga Di Dusun II Desa Tanjung Selamat Kecamatan Percut Sei Tuan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Nuraina, Damayanti, E., & Ikawati, A. (2018). Digital Media Dongeng Berbasis Animasi Untuk Pendidikan Karakter Anak USia Dini. Jurnal Likhitaprajna, 20(2), 177–183.

Oetomo, H. (2012). Pedoman Dasar Pendidikan Budi Pekerti. Jakarta: PT. Presatasi Pustakaraya.

Oktaviani, S., Suhardini, A. D., & Hakim, A. (2021). Penanaman Nilai-nilai Sopan Santun Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Cerita di TK Bandung. Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 6(Pros. Pendidik. Guru PAUD), 207–212. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23991

Permadani, E. D. L., Kartono, & Usada. (2016). Peningkatan Perilaku Sopan Santun Anak Melalui Metode Sosiodrama Pada Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Pringkuku Tahun Ajaran 2015/2016.

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnalbimbingan Konseling Isla, 6(1), 1–18.

Rosania, T., Zulkifli, N., & Kurnia, R. (2021). Analisis Nilai-Nilai Moral dan Agama pada Serial Kartun Nussa Untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 6531–6543. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1976%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1976/1751

Sagala, H. M. B., Marmawi, & Miranda, D. (2013). Peningkatan Perilaku Sopan Santun Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Lkia Ii Pontianak Selatan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Samsiyah, S., Hanif, M., & Parji, P. (2020). Peningkatan Sopan-Santun dan Disiplin melalui Tembang Dolanan pada Siswa TKIT Al Furqon Maospati Magetan. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 5(1), 40. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i1.6631

Sari, N. I., & Septiani, E. (2020). Meningkatkan Nilai Kesopanan dan Kesatuan Anak dalam Berbahasa Di Era Kenormalam Baru. Prosesing Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Mtematika Universitas Indraprasta PGRI, 80, 209–214.

Setyarum, A., Aulia, H. R., Nurmalisa, D., & Dewi, D. P. (2022). Pelatihan Metode Role Playing dalam Pengembangan Karakter Sopan Santun pada Anak Usia Dini bagi Guru PAUD POS Melati Kuripan Lor. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 863–870. https://doi.org/10.54082/jamsi.340

Soeseno, B. (2013). Buku Pintar Memahami Psikologi Anak Didik. Yogjakarta: Pinang Merah Publisher.

Solihati, E., Samsudin, A., & ... (2021). Penerapan Pembiasaan Dan Keteladanan Dalam Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Moral Sopan Santun Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik …, 4(1), 95–100. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/6183

Ujiningsih, & Antoro, S. D. (2010). Pembudayaan Sikap Sopan Santun di Rumah dan di Sekolah Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan, 1–7.

Utami, D. T. (2018). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Generasi Emas, 1(1), 39. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2258

Valentina, Syukri, M., & Yuniarni, D. (2021). Peningkatan Perilaku Moral Melalui Metode Bercerita. Alim | Journal of Islamic Education, 3(2), 149–156. https://doi.org/10.51275/alim.v3i2.210

Wahyudi, D., & Arsana, I. M. (2014). Peran Keluarga dala Membina Sopan Santun Anak di Desa Galis. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(2), 290–304.

Zuriah, N., & Yustianti, F. (2007). Pendidikan moral & budi pekerti dalam perspektif perubahan: menggagas platform pendidikan budi pekerti secara kontekstual dan futuristik. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.